BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Kaltara Bakal Diguyur Hujan Selama 3 Hari Kedepan

TANJUNG SELOR – Pantauan Stasiun Meteorologi BMKG Tanjung Harapan, kondisi cuaca hujan yang terjadi hari ini bakal terjadi hingga beberapa hari kedepan. Tak hanya di Tanjung Selor, kondisi ini bakal terjadi di semua wilayah di Kalimantan Utara.

“Untuk kondisi cuaca dalam 3 hari kedepan di wilayah kaltara di prakirakan akan terjadi hujan ringan hingga berpotensi pula hujan sedang sampai lebat,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Tanjung Harapan Muhammad Sulam Khilmi melalui Forecaster BMKG Tanjung Harapan Sylvi Yulianti kepada benuanta.co.id, Jumat 8 Januari 2021.

Kata dia, kondisi ini dipengaruhi beberapa hal, di antaranya adanya kondisi iklim global masih menunjukkan bahwa fenomena La Nina masih berlangsung. Kemudian adanya beberapa sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Pasifik Utara Halmahera, sehingga membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang disekitar wilayah sirkulasi siklonik tersebut.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

“Ditambah lagi dengan kondisi labilitas lokal yang kuat sehingga mendukung proses konvektif pada skala lokal diwilayah kita. Kondisi inilah yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Kaltara,” jelasnya.

Kemudian prakiraan cuaca di wilayah Kabupaten Bulungan dan sekitarnya yang dirilis setiap hari, menunjukkan di hari ini, Jumat 08 Januari 2021 terjadi hujan. Kondisi ini diprakirakan hingga hari Sabtu 9 Januari 2021.

Lalu prakiraan tinggi gelombang untuk Perairan Kaltara antara 0,50 hingga 1,25 meter. Arah angin  Timur Laut – Tenggara yakni 3 – 15 knots. Untuk perairan Sulawesi bagian barat tinggi gelombang yakni 0,50 hingga 1,25 meter, arah angin Barat – Utara yaitu 4 – 10 knots.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada sore dan malam hari di wilayah Peso Hilir, Sesayap, Malinau, Tana Tidung, Lumbis Ogong, Malinau Selatan, Pujungan, Krayan Selatan, Sekatak dan Tanjung Palas Barat,” pungkasnya. (*)

Reporter: Heri Muliadi
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *