Pemkab Bulungan Gelar Rakor, Kinerja OPD Dievaluasi

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan menggelar Rapat Koordinasi, Evaluasi dan Pengendalian Program pembangunan di ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan, Kamis (7/1/2021).

Rapat yang dipimpin langsung Plt Bupati Bulungan, Ingkong Ala itu bertujuan untuk evaluasi capaian pelaksanaan dan serapan anggaran tahun 2020, sekaligus untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan pada 2021 ini.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2018 votes

“Sepanjang tahun 2020 lalu APBD kita mengalami relokasi dan refocussing untuk penanganan pandemi Covid-19. Namun situasi ini tidak membuat program pembangunan di Bulungan terganggu secara signifika. Untuk tahun ini (2021) Kementerian Keuangan masih menyeimbangkan penanganan dampak pandemi Covid-19 dengan pembiayaan pembangunan lainnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Aksi Sosial Bantu Warga Terdampak Kebakaran

Lanjutnya, minimnya ketersediaan anggaran yang dimiliki pemkab Bulungan mengharuskan seluruh OPD agar bisa bekerja semaksimal mungkin, khususnya di dalam kegiatan yang pembiayaannya bersumber dari DAK. Pada tahun 2020 lalu memperoleh bantuan DAK sekira Rp 112 miliar dan non fisik Rp 57 miliar.

“Selain lakukan evaluasi, Rakor ini bagian persiapan untuk menyusun RPJMD. Ada beberapa OPD yang belum maksimal serapan anggarannya disebabkan keterbatasan jumlah pegawai yang ada,” kata Ingkong Ala.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Bulungan Gelar Sosialisasi Manfaat Program Sektor Jasa Konstruksi

Ditegaskannya, pemkab telah menyelesaikan dan melunasi pembiayaan pekerjaan tahun jamak atau multi years kontrak dan melunasi utang. Selain itu, OPD pun telah melakukan proses lelang 50 paket proyek.

“Saya bersama pak Sudjati (alm) berkomitmen untuk tidak meninggalkan utang di era kepemimpinan kami berdua. Sehingga dipastikan tidak ada lagi utang di masa kepimpinan kepala daerah yang baru terpilih pada pilkada 2020 lalu,” tegasnya.

Baca Juga :  BMKG Perkirakan Potensi Hujan Lebat Terjadi di Beberapa Wilayah di Kaltara

Ia menambahkan, program maupun kegiatan pembangunan diharapkan tidak melenceng, serta tetap mengacu pada dokumen perencanaan resmi. Yakni rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD 5 tahun serta rencana strategis atau renstra, khususnya dalam mewujudkan visi dan misi bupati Kabupaten Bulungan 2016 – 2021.

“Tahun ini kita harapkan OPD bekerja maksimal lagi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Victor
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *