Ini Penyebab Pemadaman Listrik Merata di Nunukan

NUNUKAN – Listrik di Nunukan menjadi sorotan publik atas terjadinya pemadaman se-Kabupaten Nunukan, Ahad (27/12/2020) kemarin. Warga bertanya-tanya penyebab pemadaman tersebut.

Saat dikonfirmasi benuanta.co.id, Dion, Bagian Pelayanan Pelanggan PT. PLN Nunukan mengatakan, terjadinya pemadaman listrik hampir 3 kali dalam satu hari itu terjadi karena gangguan pembangkit pembangkit listrik tenaga mikro gas (PLTMG) di Sebaung. Di mana kompresor terbakar, sehingga dilakukan pembongkaran.

“Pemadaman listrik kemarin terjadinya gangguan jaringan di PLTMG di Sebaung, karena kompresor terbakar, hingga hari ini masih dialkukan perbaikan. Kita pastikan tidak ada lagi pemadam,” kata Dion, Senin (28/12/2020).

Baca Juga :  Jalan Lingkar Penghubung 5 Kecamatan di Krayan Rampung Bulan Ini

Padamnya listrik tersebut tidak ada pemberitahuan karena tidak diduga. Waktu pemadaman kurang lebih selama 1 jam.

Biasanya, pemadaman terjadi akibat perawatan jaringan. Seperti pemotongan pohon di dekat kabel listrik, juga karena terjadi angin kencang dan hujan lebat sehingga pohon tumbang mengenai kabel maka akan berdampak kepada listrik padam.

“Pemadaman seperti itu kita harus menelusuri di mana titik tumbang pohon, atau ada binatang tersengat di atas listrik,” jelasnya.

Baca Juga :  Cuti Lebaran Diperkirakan 29 Ribu Penumpang Mudik Naik Kapal PT PELNI

Dion mengimbau masyarakat jika ada pohon di depan rumahnya yang bisa bersentuhan dengan kabel listrik hingga 3 meter agar diinfokan ke PLN untuk dilakukan pemotongan dan tidak dipungut biaya.

“Kita harus sama-sama menjaga dan tidak ada yang ingin adanya pemadaman,” imbuhnya.(*)

 

Reporter: Darmawan
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *