oleh

Dinas Pertanian Bidik Potensi Tarakan Utara Jadi Sentra Buah-buahan

TARAKAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Tarakan terus menggenjot sektor pertanian untuk terus dikembangkan. Selain adanya sentra sayur di Tarakan Timur yang telah mengantongi sertifikasi prima-3, Kepala Dinas Pertanian Kota Tarakan, Elang Buana menyebut masih mengupayakan hadirnya sentra buah-buahan di Tarakan.

“Iya nanti kita sedang mencari, saya sampaikan kita ini kepengin (ada sentra buah) karena kita ini sudah ada Tarakan ini sentra sayur. Kita akan membuat sentra buah untuk mungkin dicari lahannya,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Tarakan, Elang Buana kepada benuanta.co.id, Kamis (24/12/2020).

Sedangkan lokasinya, Elang membidik kawasan Tarakan Utara memiliki potensi lahan cukup baik bila digarap sebagai sentra buah-buahan hasil bercocok tanam petani Bumi Paguntaka. Namun, jenis buah yang bakal ditanami juga akan disesuaikan oleh kondisi di lapangan.

“Biasanya di Tarakan Utara biasanya sudah ada dan sudah disampaikan ke kami di daerah Juata. Kemudian di daerah Tarakan Tengah juga ada beberapa yang berpotensi,” katanya.

“Cocok lah untuk buah tertentu. Ya seperti rambutan, durian yang akan kita coba lakukan di Tarakan Tengah dan Tarakan Utara. Nanti saya tanyakan kepada petani maunya (buah) apa. Ya nanti kedepannya kan begitu kalau nanti pengennya anggur, kita coba sesuaikan bibit anggur dengan dilokasi,” tandasnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed