Asap Hitam Mengepul di Atap Rumah Warga Sebengkok, Petugas PMK Kesetrum saat Padamkan Api

TARAKAN – Warga Kelurahan Sebengkok, RT 19, dikejutkan dengan keluarnya kepulan asap hitam dari atap rumah salah seorang warga, Ahad 20 Desember 2020 sekira pukul 08.15 Wita.

Atas laporan seorang warga atas nama Prasnova, petugas Pemadam Kebakaran (PMK) dan Penyelamatan Kota Tarakan langsung tiba di lookasi sekira pukul 08.20 Wita, dan langsung mengambil tindakan dengan memadamkan beberapa titik api di atas plafon menggunakan APAR. Namun sebelumnya, aliran listrik sudah dipastikan padam oleh petugas PLN Tarakan.

Api tidak sempat membesar dan area yang terbakar hanya beberapa tuas kabel listrik yang sempat menjalarkan api di atas plafon.

Dalam kejadian ini salah seorang petugas PMK dan Penyelamatan atas nama Andi Sujiwo sempat terkena aliran listrik di atas atap berupa seng dan mengalami luka rinngan.

Baca Juga :  Pemkot Tarakan Tak Berlakukan WFH bagi ASN

“Api dapat dipadamkan dan areal aman dari aliran listrik dalam durasi waktu 5 menit. Personel yang diturunkan 10 orang dan armada fire truck 1 unit, suplai truk 1 unit, petugas PLN dengan armada 2 unit, PMI 1 unit dengab petugas PMI 5 orang, ADO relawan Damkar 2 orang,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Ops. PMK Kota Tarakan, Irwan kepada benuanta.co.id.

Dia mengimbau kepada masyarakat Tarakan dalam pemakaian instalasi listrik agar tidak menumpuk penggunaan setkler listrik, apabila berpergian meninggalkan rumah, pastikan peralatan elektronik tidak on. Periksa selalu instalasi listrik dalam kurun waktu 5 tahun atau 10 tahun melalui instalatur yang sudah direkomendasikan oleh PLN.

Baca Juga :  Terdakwa Tipikor Pembangunan Rumah Kuliner Kotaku Dituntut Pidana 2,6 Tahun

“Jangan menambah aliran dan daya tanpa sepengetahuan PLN, apabila stopkontak atau setklar sudah menghitam, segera menggantikan yg baru dan gunakan peralatan listrik berlensesi SNI,” imbaunya.(*)

 

Sumber: PMK & Penyelamatan Kota Tarakan
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *