oleh

Satpol PP Bersama TNI-Polri Gelar Sosialisasi Disiplin dan Penegakan Prokes Cegah Covid-19

NUNUKAN – Sesuai Peraturan Bupati Nunukan Nomor 28 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Nunukan terhadap pelaku usaha, Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Satuan Polisi Pamong Praja mengadakan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 28 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Sosialisasi Perbup tersebut dihadiri Perwakilan dari Kodim 0911 Nunukan, Lanal Nunukan, Polres Nunukan, Kapolsek, Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Provinsi Kalimantan Utara beserta anggota, dan pemilik/pengurus kafe, resto warung dan pemilik hiburan malam di wilayah Kecamatan Nunukan.

Dalam pidato Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid yang diwakili Kasatpol PP Kabupaten Nunukan, Abdul Kadir, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nunukan sudah masuk dalam zona risiko tinggi yang dilihat dari tenggat waktu penyebarannya. Sehingga situasi tersebut mengharuskan Pemerintah Kabupaten Nunukan dan unsur terkait melakukan langkah-langkah taktis dan strategis guna menghadapi pandemi covid-19 ini.

Baca Juga :  Pelajar Sudah Vaksin Bisa Belajar Tatap Muka di Sekolah

“Secara pribadi dan pemerintah daerah saya mengucapkan terima kasih atas peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama menghadapi dan memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Nunukan, terkait dengan sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 28 tahun 2020 tentang penerapan disiplin protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Nunukan, ini adalah sebuah langkah yang diambil sebagai upaya kita semua dapat memahami peraturan Bupati ini,” kata Abdul Kadir, Sabtu (19/12/2020).

Walaupun saat ini diluncurkan Era New Normal dan kemudian dilanjutkan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), tidak bisa dipungkiri ada beberapa pelonggaran sebagai upaya pemulihan ekonomi dan sosial yang terdampak covid-19.

“Ada beberapa hal yang tentunya sedikit kontradiktif dengan situasi dan kondisi saat ini, di mana kasus konfirmasi positif Covid – 19 kembali meningkat, pelonggaran yang selama ini dilakukan tentunya menimbulkan pertanyaan publik dengan melihat kondisi saat ini. Mari kita sama-sama belajar dan memahami regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah dalam hal penerapan disipilin protokol kesehatan ini,” jelasnya.

Baca Juga :  TNI Limpahkan Miras ke Bea Cukai Nunukan, Potensi Kerugian Negara Ratusan Juta Rupiah

Wakapolres Nunukan Kompol Edy Budiarto, S.H menyampaikan, penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nunukan cukup serius, hal ini disebabkan masih rendah kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, sehingga penyebarannya begitu mudah dan tidak menutup kemungkinan bisa makin parah.

“Hampir semua pelaku usaha yang ada di Kabupaten Nunukan diberikan sosialisasi guna menyampaikan tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya dan pengendalian Covid-19. Perbup ini harus terus kita sosialisasikan, jangan bosan untuk terus mengingatkan kepada pengunjung tentang penerapan disiplin protokol kesehatan hingga semua masyarakat atau pengunjung tahu bahaya dan ancaman virus Corona. Ini bukan main-main, karena itu saya minta para pelaku usaha supaya benar-benar menyosialisasikan Perbup ini, dan memberikan kesadaran bagi masyarakat atau pengunjung kiranya selalu menggunakan masker, sering mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pastikan Aman Dikonsumsi, BKIPM Ambil Sampel Ikan di Pasar Inhutani Nunukan

Dia juga mengimbau kepada semua pelaku usaha, pemilik kafe, rumah makan, pengurus tempat hiburan agar melengkapi semua peralatan protokol kesehatan di tempat usahanya. “Di setiap kafe, rumah makan, tempat hiburan dan semua pasar harus disediakan perlengkapan protokol kesehatan, kita akan dibantu TNI Polri untuk menegakkan ini,” jelasnya Edy.

Peran aktif semua pelaku usaha untuk menyadarkan dan memberikan pemahaman kepada pengunjung tentang perlunya menerapkan protokol kesehatan juga sangat diperlukan dalam pelaksanaan Perbub ini. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed