oleh

Menutup Gelaran IHGMA Road to Tarakan Anniversarry, dr Khairul Sampaikan Prosepek Cerah PDRB 2024 Capai Rp1,2 T

TARAKAN – Menutup gelaran General Manager Association (IHGMA) Road to Tarakan Anniversarry. Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., mengapresiasi seluruh dukungan acara yang dilangsungkan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-23 Kota Tarakan tersebut. Termasuk terlibatnya sponsor pada kegiatan ini merupakan wujud komitmen dalam mengembangkan sektor kepariwisataan di Kota Tarakan.

Meski situasi pandemi Covid-19 kian mengkhawatirkan serta memberi dampak besar bagi usaha perhotelan dan rumah makan yang merupakan bidang usaha kepariwisataan. Namun, potensi sektor pariwisata di Bumi Paguntaka juga sangat besar. Bahkan angkanya terus mengalami peningkatan rata-rata sebesar 12,5 persen sebelum adanya pandemi.

Baca Juga :  Sidang di PN Tarakan Didominan Kasus Pencurian dan Narkotika Sepanjang 2020

“Saya percaya pondasi perekonomian, khususnya di bidang pariwisata di Kota Tarakan masih memiliki ruang besar untuk tumbuh. Sebelum pandemi, tercatat berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Tarakan di bidang Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum pada tahun 2019 sebesar Rp 842 miliar dan terus mengalami peningkatan selama lebih kurang Rp 100 miliar setiap tahun selama 5 tahun terakhir,” ujar Walikota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes., saat penutupan IHGMA Road to Tarakan Anniversarry yang digelar di Swiss Bell Hotel, Rabu (16/12/2020) malam.

Baca Juga :  Gubernur Resmikan Gereja Jemaat Rante Marannu, Zainal: Satukan Perbedaan Kunci Membangun Daerah

Adanya peluang untuk kembali mengeliatkan sektor pariwisata dalam masa pandemi. Orang nomor satu di Tarakan ini juga berharap agar kebersamaan antara pelaku usaha dan pemangku kepentingan dapat terus terjaga, sehingga pariwisata di Kota Tarakan dapat lebih maju dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Data itu menunjukkan prospek cerah bagi sektor usaha perhotelan, rumah makan, dan cafe. Apabila tingkat pertumbuhan ini dapat kita jaga, maka pada tahun 2024 PDRB di sektor ini dapat mencapai angka 1,2 triliun,” katanya.

Baca Juga :  Biaya Perawatan 1 Pasien Covid-19 Lebih Rp 100 Juta, Dikalikan 44 Pasien di Tarakan?

Sekadar informasi, gelaran IHGMA Road to Tarakan Anniversarry ini diinisiasikan oleh IHGMA Kota Tarakan, yang mana kegiatan ini melaksanakan berbagai lomba. Mulai dari peragaan busana, barista competition, tata boga, dan lomba berbagai keterampilan yang bermanfaat di dunia perhotelan dan restoran serta cafe.(*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed