oleh

Ketua DPRD Bulungan Apresiasi Pilkades Berlangsung Sukses

TANJUNG SELOR – Ketua DPRD Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Kilat, A.md mengapresiasi pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 56 desa berjalan aman dan lancar.

Dari hasil pemantauan ketua DPRD di desa Jelarai,  pilkades berjalan dengan baik. Masyarakat desa sangat antusias menggunakan hak pilih mereka untuk memilih calon kepala desa yang diharapkan bisa mengemban amanah untuk membawa desa lebih maju lagi.

“Dari hasil pantauan saya, pilkades berjalan lancar khususnya di desa Jelarai. Penyelenggara juga tetap terapkan protokoler kesehatan (prokes) ditengah masih maraknya wabah pandemik Covid-19, ini berkat peran semua pihak, mulai dari aparat keamanan, penyelenggara pilkades dan masyarakat. Mudah-mudahan situasi kondusif ini tetap terjaga hingga usai pelantikan kepala desa terpilih nanti,” kata Kilat yang juga politisi Gerindra, Rabu (16/12/2020).

Baca Juga :  Usai Pembangunan Turap, DKP Kaltara Pastikan Nelayan Masih Bisa Parkir Perahu di Perikanan

Ditegaskannya, kepada pihak yang tidak puas dengan hasil pilkades agar  menyampaikan keberatannya sesuai tahapan dan mekanisme yang telah diatur oleh aturan hukum. “Kami imbau, ketika sudah ada pemenang calkadesnya, agar menahan diri tidak ada euforia yang berlebihan,” tegasnya.

Sementara itu dari pantauan benuanta.co.id di Pilkades desa Jelarai, 7 Tempat pemungutan suara (TPS) sejak pukul 08.00 Wita telah dijaga ketat oleh aparat Polres Bulungan beberapa fasilitas protokol kesehatan covid 19 disediakan petugas KPPS.

Baca Juga :  PLN Minta Lahan PLTD Long Peso, Syarwani Akan Bahas Lebih Lanjut 

Saat dikonfirmasi ketua KPPS TPS 3 di Balai Pemuda, Jelarai Tengah, Imanuel Kiring mengatakan. Pemungutan suara yang berakhir hingga pukul 13.00 wita berlangsung lancar tanpa hambatan.

“Hasil peehitungan suara nantinya diserahkan atau dikumpulkan  oleh tiap kpps ke panitia ditingkat desa sebelum diserahkan ke pihak kecamatan,” katanya.

Ia menjelaskan, sebelum pemungutan suara dimulai pihaknya bersama BPBD Kabupaten Bulungan siapkan fasilitas prokes sehingga kegiatan di TPS berjalan aman apalagi warga yang memilih pun patuhi prokes sebelum menggunakan hak pilihnya.

“Kegiatan ini juga dipantau oleh BPBD bulungan selain itu aparat kepolisian dan personil TNI juga hadir untuk mengamankan serta memantau jalannya proses pilkades ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Akabri 98 Nawahasta laksanakan Vaksinasi dan Baksos di Mako Polda Kaltara

Ia menambahkan, selama proses pemilihan pihaknya juga sudah mengantisipasi jika terjadi penumpukan warga yang memilih.

“Khusus di tps 3 tidak ada penumpukan pemilih, kalaupun terjadi kita bersama aparar yang bertugas sudah siap untuk mengantisipasinya. Terkait antusias pemilih di tps 3 cukup rendah hanya 119 pemilih (40%)  dari jumlah DPT 391 pemilih, kemungkinan ada yang sibuk dengan pekerjaannya atau sakit maupun ada yang berladang. Tapi semua berjalan lancar,” pungkasnya.(*)

 

Reporter : Victor Ratu

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed