Mantan Pelatih Timnas Prancis Gerard Houllier Meninggal Dunia

Jakarta – Mantan manajer tim nasional Prancis Gerard Houllier, yang juga pernah melatih di Olympique Lyonnais, Paris St Germain dan Liverpool, meninggal dunia, lapor media setempat, Senin.

RMC sport dan harian olahraga L’Equipe yang dikutip Reuters, mengatakan ia meninggal pada usia 73 tahun setelah menjalani operasi jantung di Paris.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1970 votes

Houllier mempunyai sejarah panjang dengan masalah jantung, sejak ia dilarikan ke rumah sakit saat jeda pertandingan Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Leeds United pada 2001.

Baca Juga :  PSSI Umumkan Skuad Final Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23

Setelah karier bermain yang tidak signifikan di liga papan bawah Prancis, Houllier mulai melatih pada 1973, memperoleh pekerjaan besar pertamanya bersama Lens sebelum mengambil alih Paris St Germain.

Ia menjadi asisten pelatih Prancis pada 1988 dan kemudian menjadi manajer pada 1992 namun masa kerjanya singkat dan kurang berhasil lalu mengundurkan diri setelah gagal membawa timnya ke Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Baca Juga :  Real Madrid ke Semifinal Setelah Menang Adu Penalti 4-3 Lawan Man City

Sejak itu Prancis lolos ke setiap Piala Dunia, dan mengangkat trofi pada 1998 dan 2018.

Houllier fokus melatih remaja segera setelah bencana Piala Dunia itu tapi ia membangun kembali reputasinya di Liverpool, tempat ia memenangi Piala FA, Piala Liga dan Piala UEFA pada 2001.

Ia juga sukses di Prancis bersama Lyon, memimpin mereka untuk meraih gelar Ligue 1 berturut-turut.

Baca Juga :  Gol Joshua Kimmich Antarkan Bayern Muenchen ke Semifinal

Ia kembali ke manajemen setelah istirahat pada 2010 bersama Aston Villa namun meninggalkan peran tersebut pada tahun berikutnya setelah mengalami masalah jantung lebih lanjut.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *