Usai Terpilih Menjadi Kadin Tarakan, Ini Program yang Akan Dilakukan Effendy Gunardi

TARAKAN – Pelantikan dan pengukuhan Ketua Kadin Tarakan terpilih periode 2020-2025, Effendy Gunardi beserta pengurus oleh Ketua Kadin Kalimantan Utara, Kilit Laing dihadiri Walikota Tarakan, dr. H. Khairul M.Kes di Hotel Tarakan Plaza, Senin 7 Desember 2020.

Usai dilantik, Effendy Gunardi mengatakan banyak program kerja yang akan dilakukan oleh pengurus baru Kadin Tarakan. Utamanya meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. “Selaku  mitra pemerintah, kami akan bergerak mendorong meningkatkan ekonomi untuk menciptakan Tarakan Smart City,” ujarnya.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
2000 votes

Namun dalam waktu dekat ini Kadin Tarakan terlebih dahulu mendata pelaku usaha mikro, kecil, menengah dan besar yang ada di Bumi Paguntaka. Hal ini dilakukan guna mengetahui prospek geliat ekonomi di Kota Tarakan.

Baca Juga :  Arus Mudik Lancar, Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat Selama Ops Ketupat 2024

“Ini program prioritas pertama kita. Karena kalau kita tidak tahu data base dan kemampuan ekonomi kita, pasti kita tidak paham mulai dari mana. Tapi kalau kita punya data base, business to business akan segera terwujud dan terlaksana,” terangnya.

Selain itu, Kadin Tarakan juga akan mendorong dan membuka pintu ekspor impor untuk jalur Kaltara, khususnya di Tarakan pada sektor perikanan. “Kita punya komoditi perikanan luar biasa. Kota Tarakan ini setiap hari selalu ada ekspor, tapi masih secara tradisional. Begitu juga dengan pengirimannya belum derect atau harus dikirim ke Jawa dulu baru ke negara tujuan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pengeluaran per Kapita Sebulan Daerah Perkotaan untuk Makanan Rp 817.846

“Masalah ini yang menjadi perhatian kita. Kita harapkan bagaimana sektor perikanan ini menjadi penopang pendapatan daerah. Yang jelas pintu ekspor impor terutama perikanan kita harapkan akan terbuka,” sambung Effendhi.

Kadin Tarakan juga berupaya akan meningkatkan SDM (sumber daya manusia) UMKM mulai dari pembinaan sampai pendampingan.

Dalam momentum Pilgub Kaltara 9 Desember 2020, Kadin Tarakan mengharapkan kepada gubernur dan wakil gubernur Kaltara terpilih nanti dapat membawa perubahan bagi provinsi ke-34 di Indonesia ini. Khususnya perubahan pada sektor ekonomi melalui kerja sama dengan pengusaha di Kaltara, utamanya Tarakan.

Baca Juga :  Dugaan Kebakaran di RSUD JSK, Polisi Simpulkan Korsleting Kipas Angin 

“Kalau seandainya pemerintah dan pengusaha ini bekerjasama baik, maka kami pastikan pertumbuhan ekonomi akan berkembang pesat. Apalagi kalau pengusaha lokal diberdayakan dan dimaksimalkan, maka kesejahteraan akan terjadi,” demikian Effendy Gunardi. (*)

 

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *