oleh

Polres Nunukan Gelar Apel Pergeseran Personel Pengamanan TPS di Nunukan

NUNUKAN – Dua hari lagi pemilihan kepala daerah, yakni Gubenur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan wakil Bupati, yang digelar 9 Desember 2020. Pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) yang hanya menghitung hari akan menjadi momen berbeda. Pasalnya dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid-19.

Pesta demokrasi lima tahunan ini akan menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia,  khusunya di Provinsi Kaltara dan Kabupaten Nunukan, dalam memilih pemimpin 5 tahun ke depan.

Untuk menciptakan pemilu yang aman, sejuk dan sukses, kepolisian bekerja sama dengan seluruh istansi terkait untuk mewujudkan pilkada yang kondusif.

Polres Nunukan yang merupakan bagian dari pemerintah bertanggung jawab terkait pengamanan di TPS bersama Linmas dan PPS dalam penyelenggaraan pungutan suara pada hari Rabu, 9 Desember 2020 nanti.

Baca Juga :  Pegawai Lapas Nunukan Raih Medali Emas untuk Kaltim di PON XX Papua

Bertempat di Lapangan Tribrata Polres Nunukan, Senin dini hari pukul 08.00 Wita, dilaksanakan Apel Pergeseran Pengamanan TPS di Kabupaten Nunukan, oleh personel jajaran Polres Nunukan.

Apel dipimpin Kapolres Nunukan AKBP Syaiful Anwar, SIK, dan juga diikuti Waka Polres Nunukan, para Kabag, Kasat dan perwira Polres Nunukan, serta Para Kapolsek. Selain itu, pemeriksaan pasukan oleh Kapolres selaku Pemimpin Apel untuk memastikan seluruh personel yang akan melaksanakan pergeseran Pengamanan TPS sudah siap.

Pemberian Alat Perlengkapan Diri ( APD) secara perwakilan oleh Kapolres kepada perwakilan personel Polsek Nunukan, Polsek KSKP, Polsek Sebuku, Polsek, Lumbis, Polsek Sembakung, Polsek Sebuku, Polsek Sebatik Barat dan Polsek Sebatik Timur, dan Perwakilan Linmas.

Baca Juga :  Berkah Maulid Nabi, Pedagang Pernak-Pernik di Nunukan Ramai Pembeli

“Adapun APD (Alat Pelindung Diri) yang diberikan berupa life jacket, sepatu boot, jas hujan, serta obat-obatan,” kata Syaiful kepada benuanta.co.id, Senin (7/12/2020).

Selain itu, Syaiful menyampaikan kepada anggotanya, kenali situasi lingkungan TPS terutama petugas Linmas dan petugas PPS, pastikan TPS sudah siap pada hari H-1 pelaksanaan pemungutan suara.

“Untuk TPS tingkat rawan agar prioritas pengamanan, mengingat satu personel kepolisian lebih dari satu TPS, dikarenakan keterbatasan personel, maka maksimalkan tugas Linmas di TPS,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Akan Resmikan Laboratorium PCR RSUD Nunukan 11 Oktober Mendatang

Dia juga meminta untuk pastikan logostik surat suara, bilik suara beserta perlengkapan pemungutan suara aman dan terpantau selam 1×24 jam sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

Kapolres mengingatkan untuk wilayah perairan agar petugas saat membawa, mengawal dokumen kotak suara beserta logistik lainya agar tetap terjaga selama perjalanan sampai di tempat  tugas. Pastikan alat pelindung diri sepertii life jacket harus dipakai saat menaiki transportasi laut maupun sungai.

“Tugas mulai hari ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, pastikan semua berjalan dengan lancar. Apabila ada hambatan agar segera hubungi patmawil masing-masing,” terangnya. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *