oleh

Mukota Ke-VI, Effendy Gunardi Terpilih Aklamasi Pimpin Kadin Tarakan 2020-2025

TARAKAN – Musyawarah Kota (Mukota) Ke-VI Tahun 2020 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tarakan digelar Senin, 7 Desember 2020 tadi pagi di Hotel Tarakan Plaza. Dalam Mukota tersebut, Effendy Gunardi terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Kadin Tarakan periode 2020-2025.

Hadir dalam Mukota ini, Ketua Kadin Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Kilit Laing dan Walikota Tarakan dr. H. Khairul M.Kes, dan sejumlah pengurus Kadin.

Kilit mengharapkan Ketua Kadin Tarakan terpilih beserta jajaran pengurus dapat melakukan inovasi di tengah masa pandemi yang berkepanjangan ini. “Pengusaha di daerah perlu melakukan inovasi baru untuk menciptakan lapangan kerja maupun kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan sektor ekonomi daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  Daftar Khatib Jumat 8 Oktober di Masjid Wilayah Tarakan

Baca Juga: Hanya Satu Pendaftar Memenuhi Syarat Jadi Calon Ketua Kadin Tarakan

Menurut Kilit, kota Tarakan adalah dareah pantai yang perlu dibangun bersama pemerintah dan stakeholder serta masyarakat dalam sektor perdagangan. Ada dua jalur yang harus dilakukan oleh Kadin Tarakan di Bumi Paguntaka. Pertama yaitu jalur daratan dan pantai. Pada jalur daratan perdagangan dilakukan antar kabupaten kota se Kaltara.

Sementara jalur pantai yang menjadi perhatian ada perdagangan internasional antara Indonesia-Malaysia. “Karena Tarakan ini letak geografisnya sangat berdekatan dengan Sabah Malaysia, sehingga sangat kita harapkan hubungan antar dua negara ini selalu berjalan dan ada inisiatif yang tercipta,” harap Kilit.

Baca Juga :  Sempat Dikabarkan Hilang, Balita 4 Tahun Ditemukan di Tempat Penjual Gorengan

Sebab Ia menilai banyak dampak positif yang timbul apabila perdagangan antarkedua negara tersebut berjalan dengan baik. Salah satunya akan saling menguntungkan. Kadin juga akan mendorong pemerintah pusat untuk memangkas terjadinya perdagangan illegal atau melalui jalur samping.

Yaitu dengan cara membuka jalur ekspor ke tempat tujuan. “Karena sejauh ini kan ekspor produk Tarakan itu derect Surabaya, tidak langsung ke negara tujuan. Nah, ini akan kita usulkan ke gubernur terpilih nanti yang kemudian kita suarakan ke pemerintah pusat,” ungkapnya.

Sementara Walikota Tarakan dr. Khairul dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan Mukota Kadin Tarakan. Menurut kacamata Khairul banyak peluang yang bisa dilakukan oleh para pengusaha khususnya melalui Kadin di kota transit di Kaltara ini.

Baca Juga :  Sebanyak 3.000 Siswa SMA Tarakan Sudah Divaksin

“Beberapa kali kita punya komunikasi dengan Komjen Indonesia di Tawau Malaysia untuk bagaimana mengundang investasi ke sini (Tarakan), dan bagaimana juga produk kita bisa dibawa ke sana (Malaysia),” katanya. Sejauh ini, Tarakan terus mengeskpor produk perikanan ke beberapa negara.

Di antaranya ikan, kepiting dan ikan. Hanya saja semua itu dilakukan secara illegal atau tidak resmi. Begitu juga sebaliknya produk Malaysia yang masuk di Tarakan.  “Masalah ini yang harus kita dorong dan harapkan ke Kadin agar dicarikan jalan keluarnya,” pintanya. (*)

 

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *