oleh

Pemkab Nunukan Apresiasi Pelatihan Sertifikasi Tukang Program Kotaku Kemen-PUPR

NUNUKAN – Plt. Bupati Nunukan Ir. Faridil Murad yang diwakili Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nunukan, Muhammad Sufyang membuka secara resmi pelatihan tenaga kerja konstruksi Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu 5 Desember 2020, di Lantai Lima Kantor Bupati Nunukan.

Pelatihan sertifikasi tukang ini diinisiasi dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang diikuti oleh 35 peserta yang ada di Nunukan, dan akan berlangsung selama 5 hari kedepan. Sedangkan pemateri dari Bina Jasa Konstruksi PUPR Provinsi Kaltara, Benny Tahan.

Dalam pidatonya, Muhammad Sufyang mengatakan, saat ini di era kemajuan zaman, di tengah persaingan global tentu peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) tidak dapat dihindari lagi. Siapa yang memiliki keahlian dan kemampuan, baik hard skill ataupun soft skill itulah yang mampu bertahan dan memenangkan kompetisi. Tantangan ini tentunya harus dapat dijawab, khususnya di wilayah Kabupaten Nunukan.

Baca Juga :  Nikmatnya Roti Canai ala Nunukan

Kabupaten Nunukan yang berbatasan dengan negara tetangga, melihat hal itu tentunya harus menjadi peluang yang dapat diraih untuk mendapatkan kesempatan bekerja yang dapat menjamin kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan.

“Pemerintah daerah Kabupaten Nunukan sendiri hingga saat ini juga terus berupaya untuk meningkatkan kapasitas SDM di Kabupaten Nunukan,” kata Sufyang dalam pidatonya.

Selain itu, banyak sektor yang dikerjakan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat yang telah dilakukan pemerintah daerah, mulai dari sektor pendidikan formal ataupun non formal, sektor ketenagakerjaan, dan masih banyak sektor yang lainnya.

Baca Juga :  Imigrasi Tegaskan 2 WNA Asal China Sudah Tinggalkan Nunukan

“Apa yang telah dilakukan pemerintah daerah ini tidak berhenti di sini saja. Masih banyak hal yang akan diperbuat kedepannya, dan perlu mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat,” jelasnya.

Lanjutnya, selaku pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan pelatihan vokasi sertifikasi tukang yang digagas oleh Program Kotaku Kemen PUPR di Kabupaten Nunukan. Hal ini tentunya sebagai upaya yang sinergis dengan pemerintah daerah untuk peningkatan kualitas SDM, khususnya di bidang pertukangan.

Baca Juga :  SOA Barang di Krayan Habis Awal Agustus, Pemkab Nunukan Usulkan Penambahan

“Atas nama pemerintah daerah saya mengucapkan terima kasih atas program-program yang telah digagas dan dilaksanakan oleh Kotaku Kementerian PUPR di wilayah Kabupaten Nunukan, yang selama ini sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Kedepan saya berharap kita dapat terus bergandengan tangan dan saling bersinergi untuk bersama membangun wilayah ini sebagai wilayah yang semakin layak bagi kehidupan,” harapnya.

Sufyang juga mengatakan, untuk para peserta sertifikasi tukang agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, dan menimba segala ilmu yang diberikan oleh instruktur dan pemateri sehingga dari kegiatan ini dapat dipetik manfaatnya. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed