BMKG waspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mewaspadai potensi hujan lebat di sejumlah wilayah Indonesia pada Senin, 30 November 2020, meski secara umum diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Berdasarkan data model numerik keluaran cuaca BMKG di Jakarta, Senin , cuaca di sebagian Maluku, Maluku Utara (Malut), Papua dan Papua Barat berpotensi akan mengalami hujan sedang hingga lebat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1560 votes

Namun, wilayah Maluku dan Papua secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Baca Juga :  Dishub Kaltara Laksanakan Kegiatan Inspeksi Keselamatan Kendaraan Bermotor

Kemudian, sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) juga diperkirakan akan mengalami hujan sedang hingga lebat, meski sebagian lainnya dan Bali secara umum cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Pulau Sumatera secara umum juga diperkirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian Aceh bagian selatan, Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel) berpotensi hujan sedang.

Baca Juga :  Buntut Konten, Waria Luna Syantik Diputus Pidana Penjara 10 Bulan

Selanjutnya, BMKG juga mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar) bagian timur, Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta dan Jawa Timur (Jatim).

Meski demikian, Pulau Jawa secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Pulau Kalimantan juga secara umum diprediksi akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan. Namun, sebagian wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) berpotensi hujan sedang.

Baca Juga :  Gubernur Kaltara: THR Lebaran Harus Cair Tepat Waktu

Sementara itu, hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) bagian utara dan Sulawesi Selatan (Sulsel), meski wilayah Sulawesi secara umum diperkirakan akan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan.

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat yang wilayahnya diprediksi akan mengalami hujan lebat untuk berhati-hati saat akan menjalankan aktivitas di luar rumah pada Senin ini.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *