oleh

Paguyuban Se Tarakan Dukung Pilkada Damai dan Tertib Protokol Kesehatan

TARAKAN – Paguyuban se Kota Tarakan bersatu mendeklarasikan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 berlangsung aman dan damai di Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (26/11) di Hotel Lotus Panaya.

Selain deklarasi pilkada aman dan damai, Paguyuban juga berkomitmen mematuhi protokol kesehatan Covid-19 agar tidak terpapar.

Empat poin yang disetujui dalam pernyataan sikap para Ketua Paguyuban se Tarakan antara lain:

1. Berperan aktif dalam mewujudkan pilkada serentak tahun 2020 di provinsi Kalimantan Utara yang aman, damai, dan sejuk.

2. Menghormati perbedaan pendapat dan pilihan serta bersedia menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan permasalahan yang muncul dengan sebelumnya mengedepankan musyawarah untuk mufakat.

Baca Juga :  Korban Penikaman Seorang Lansia hingga Usus Keluar

3. Berperan aktif untuk memerangi hoaks, sara, dan politik uang.

4. Mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19 pada setiap tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam peraturan KPU dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang.

Ketua Umum Persekutuan Suku Dayak Lundayeh Yonsep mengharapkan semua yang hadir pada deklarasi dapat mensosialisasikan pilkada aman dan damai kepada masyarakat.

Baca Juga :  Astra Group Tarakan Salurkan Ratusan Paket Sembako kepada KBA Mamburungan

“Sehingga Pilkada berdampak pada masyarakat Kaltara pada umumnya,” jelasnya.

Ketua Lembaga Adat Tidung Ulun Pagun Kota Tarakan, H. Abdul Wahab mendukung Pilkada serentak berjalan lancar, aman, dan damai.

“Harapan saya masyarakat bisa menerima dengan lapang dada apapun hasil Pilkada di Kaltara,” ujarnya.

Sementara, Kepala Adat Besar Tidung Tarakan, Tamrin mengapresiasi kegiatan Polda Kaltara tersebut. Menurutnya, kasus covid terus meningkat, jika tidak pihak penyelenggara mensosialisasikan memilih di tengah pandemi ini dikhawatirkan masyarakat tidak mau datang ke TPS.

Baca Juga :  Tak Hadiri Jadwal Vaksinasi Antrean Dihapus, Satgas Covid-19 Kaltara Angkat Bicara

“Harus sering dilakukan, semua masyarakat mensosialisasikan tentang partisipasi, saya khawatir kalau tidak disosialisasikan tentang covid ini bisa menurun pemilihnya. Orang khawatir ada klaster Pilkada, dengan acara seperti ini masyarakat tenang berpartisipasi pada pilkada nanti,” tutupnya.

Paguyuban se Tarakan juga akan berkomitmen untuk mengajak semua pihak agar mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian covid-19 pada setiap tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam peraturan KPU dan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang.(*)

Reporter: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed