oleh

Dinyatakan Sehat, Rombongan Sinchan Berlayar ke Sulawesi

TARAKAN – Anjing dan kucing lokal dikenal memiliki sifat adaptif, aktif dan cerdas, hal inilah yang menjadi alasan hewan jenis ini banyak dipelihara oleh masyarakat. Karantina Pertanian Tarakan wilayah kerja Pelabuhan Malundung melakukan pemeriksaan terhadap dua ekor anjing dan empat ekor kucing lokal tujuan Palu, Sulawesi Tengah.

Seperti yang dilakukan oleh Pejabat karantina saat melakukan pemeriksaan administrasi, yaitu surat keterangan kesehatan hewan dari dinas setempat. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan fisik terhadap anjing dan kucing tersebut.

“Kita lakukan pemeriksaan fisik meliputi suhu, denyut jantung, frekuensi pernapasan, dan selaput lendir,” ujar dokter Hewan Karantina Tarakan, Berlian saat melakukan pemeriksaan Rabu, (25/11/2020).

Setelah melakukan pemeriksaan dokumen dan fisik, terhadap media pembawa dan dipastikan kesehatannya dan tidak ada gejala penyakit rabies dan hama penyakit hewan karantina (HPHK) lainnya, pejabat karantina akan menerbitkan sertifikat kesehatan karantina hewan (KH-11).

Sementara itu, Kristo pemilik hewan yang akan dikirimkan ke Palu itu mengatakan bahwa selalu memperhatikan kesehatan hewan peliharaanya, termasuk melengkapi dokumen sebelum dilalulintaskan.

“Anjing saya (namanya) si Sinchan dan kawan-kawannya ini sudah lama saya pelihara, jadi saya mau bawa mereka semua pulang ke Palu,” tutup Kristo.(*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed