oleh

69 Petugas Imigrasi Nunukan Menjalani Rapid Test

NUNUKAN – Sebanyak 69 PNS dan honorer Imigrasi Kelas II TPI Kabupaten Nunukan melakukan pemeriksaan rapid test dalam rangka pencegahan Covid-19, serta screening HIV dan TBC, yang digelar Kamis (26/11/2020).

Kantor Imigrasi menggandeng Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tarakan wilayah kerja Nunukan, serta dibantu oleh Puskesmas Sedadap dalam pemeriksaan.

Kepala Imigrasi Kabupaten Nunukan, Hanton Hazali mengatakan, kegiatan ini untuk melakukan pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Kantor Imigrasi Nunukan. Karena seringnya melakukan pelayanan publik, baik di kantor maupun di pelabuhan.

“Apalagi Sabtu (21/11) lalu sebanyak 74 orang ada pemulangan Waraga Negara Indonesia (WNI) yang sempat tertahan di Malaysia, sehingga dilakukan pemulangan,” kata  Hanton, kepada benuanta.co.id.

Lanjutnya, pemulangan WNI dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) awalnya sebnayak 331 orang, namun pada Sabtu lalu yang tiba di Nunukan hanya 74 orang. Disampaikannya, untuk masalah PMI adalah kewenangan Kantor Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Sedangkan Imigrasi hanya membantu dalam pemeriksaan dokumen yang ingin keluar dan masuk ke Indonesia.

“Melihat hal itu, maka pentingnya dilakukan pemeriksaan agar tidak ada klaster baru dari Imigrasi. Kerena kami sering melakukan pelayanan publik, apa lagi yang datang dari luar negeri,” Jelasnya.

Pemeriksaan ini sebagai salah satu upaya penanganan dini penyebaran Covid-19 atau virus Corona. Petugas Imigrasi menjadi garda terdepan dalam pemeriksaan wisatawan maupun domestik yang tiba melalui Pelabuhan Internasional Tunon Taka Nunukan.

“Selama ini, petugas kita menjadi yang terdepan dalam pemeriksaan dokumen bagi wisatawan maupun PMI yang tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan. Sehingga pemeriksaan (tes cepat) ini perlu dilakukan untuk melihat kondisi para petugas kita,” ujaranya. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed