oleh

Pemkab Malinau Ingin Semua Pegawai Maupun Para Pekerja Sosial Terlindungi Saat Bekerja

MALINAU – Diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Sekretariat Daerah Kabupaten Malinau, H. Edy Marwan sampaikan sambutan Plt Bupati Malinau, Topan Amrullah, saat mendapat kunjungan dari BPJS Ketenagakerjaan Tarakan.

Dalam sambutan itu H. Edy mengatakan, saat ini data BPJS Ketenagakerjaan, pada tahun 2019 telah terjadi sekira 77.295 kasus kecelakaan kerja di seluruh Indonesia.

Dan jika dikalkulasi, maka rata-ratanya telah terjadi 212 kasus tiap harinya. Maka dari itu menurut H. Edy, risiko kecelakaan kerja bisa terjadi kepada setiap orang tanpa memandang jenis pekerjaannya. Baik pekerja swasta, pekerja mandiri, para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun yang bukan ASN.

Sehingga terbitnya Peraturan Bupati 39/2019 tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Malinau merupakan angin segar bagi para semua pekerja, karena telah mendapatkan, bentuk jaminan pemerintah terhadap risiko yang dihadapi pekerja.

“Melalui program ini, pekerja mendapatkan jaminan kecelakaan kerja (JKK) yang gratis dan tidak ada batas biaya hingga dinyatakan sembuh,” kata H. Edy lagi.

“Demikian halnya jaminan kematian (JKM) berupa santunan uang tunai sebesar Rp 42 juta rupiah bagi ahli waris. Selain itu, JKK dan JKM turut memberikan beasiswa sebesar Rp 174 juta bagi dua orang anak ahli waris. Begitupun jaminan hari tua dan jaminan pensiun, yang bisa dicairkan untuk masa tua,” jelasnya.

H. Edy mengungkapkan Jamsostek merupakan program nasional yang bertujuan sebagai jaminan bagi masyarakat Malinau yang berisiko dari pekerjaan sehari-hari.

Melalui kesempatan tersebut, H. Edy tak lupa untuk mengajak seluruh badan usaha dan instansi di Pemkab Malinau untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya meminta agar semua badan usaha dan instansi untuk mendaftarkan seluruh pekerjanya di BPJS Ketenagakerjaan,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed