oleh

Kepada Zainal, Warga Sei Menggaris Keluhkan Masalah Pendidikan, Listrik, Jalan, Hingga PLB

NUNUKAN – Untuk kesekian kalinya calon gubernur Kaltara nomor urut 3, Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum menerima segudang keluhan yang tak mengenakkan dari warga Kabupaten Nunukan.

Keluhan yang hampir sama dirasakan oleh masyarakat desa lainnya itu juga dialami warga Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Sei Menggaris.

Yaitu minimnya perhatian Pemprov Kaltara terhadap pembangunan di segala sektor. Tak heran mereka pun menginginkan provinsi ke-34 di Indonesia ini dapat Berubah, Maju, dan Sejahtera sesuai tagline Zainal Arifin Paliwang yang berpasangan dengan Dr. Yansen TP, M.Si pada Pilgub Kaltara 9 Desember 2020.

“Masih banyak kekurangan di Desa Sekaduyan Taka ini, parahnya lagi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) kurang memperhatikan nasib warga di Sekaduyan Taka,” tegas seorang tokoh masyarakat Desa Sekaduyan Taka, Aidil Fitri.

Banyak masalah yang mereka hadapi sejak Kaltara terbentuk hingga saat ini. Seperti masalah listrik, jaringan telekomunikasi atau blankspot.

Bahkan di desa itu tak ada gedung Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dibangun oleh Pemprov Kaltara yang menjadi wewenanngnya. Tak hanya itu, di desa ini pun tidak ada rumah sakit.

“Sehingga anak-anak dan warga lainnya yang mau melanjutkan pendidikan atau berobat harus pergi jauh ke Ibu Kota Nunukan. Kalau ke Kota Nunukan butuh biaya besar, sementara kondisi ekonomi warga tidak stabil. Makanya kami harap ZIYAP (Zainal-Yansen TP) dapat membuat perubahan di desa kami,” imbuhnya.

Ketua Adat Dayak Kenya Sei Menggaris, Kuing Surang menambahkan, sejauh ini banyak warga yang mengeluh kurangnya pembangunan dari Pemprov Kaltara di Sekaduyan Taka yang berbatasan dengan Malaysia.

Padahal jika desa ini disentuh pembangunan akan banyak potensi yang bisa digali. “Terutama akses jalan, di Sekaduyan Taka ini ada potensi wisata air terjun tapi terkendala akses jalan. Sementara air terjun itu ramai dikunjungi warga tapi kalau hujan turun warga justru tidak bisa sampai ke air terjun,” bebernya.

Ia mengharapkan apabila pasangan Zainal-Yansen terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltara, dapat membangun Pos Lintas Batas (PLB) di Kecamatan Sei Menggaris.

Sebelumnya, pada tahun 90-an Sei Menggaris sudah ditetapkan untuk dibangun PLB oleh pemerintah pusat, tapi sampai sekarang tidak terealisasi.

“Kita mau jika terpilih ZIYAP dapat melobi kembali PLB di Sei Menggaris. Karena PLB ini nantinya bisa menopang ekonomi Sei Menggaris, khususnya warga Sekaduyan Taka,” harapnya. (adv)

Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed