Satu Orang Lagi Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Nunukan

NUNUKAN – Setelah 4 orang dinyatakan positif Covid-19, pada (16/11) hari kemarin, kini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan kembali mengumumkan penambahan 1 orang terkonfirmasi positif, Selasa (17/11/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan, Aris Suyono mengatakan, satu orang ini ditemukan saat pengambilan spesimen di RSUD Malinau pada tanggal 11 dan 12 November 2020, dengan hasil yang diterima dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malinau dinyatakan positif covid-19.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

“Pasien ini merupakan nomor 74 jenis kelamin laki-laki, merupakan warga Desa Buras Bagu, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan,” kata Aris Suyono.

Baca Juga :  Pendaftaran CPNS dan PPPK, BKPSDM Nunukan Tunggu Pengesahan Pusat 

Pasien ini datang ke puskesmas Tanjung Harapan pada 7 November untuk berobat, dengan keluhan batuk berdarah, pada waktu itu langsung dirujuk ke RSUD Malinau, dan dilakukan perawatan. Pada tanggal 11 dan 12 November dilakukan pengambilan swabnya, dan pada 14 November keluar dinyatakan terpapar covid-19. “Kemarin sore baru diinformasikan ke kita, dan hari juga tercatat sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Nunukan,” jelasnya.

Baca Juga :  386 PMI Bermasalah Dipulangkan dari Malaysia ke Nunukan 

Berdasarkan informasi yang didapatkan bahwa pasien tersebut tidak pernah melakukan berpergian keluar daerah Nunukan, sehingga berdasarkan kesimpulan pasien tersebut merupakan penularan lokal.

“Saat ini kami sudah menghubungi tim TGC Puskesmas Atap untuk melaksanakan trasing kontak erat pasien tersebut. Dengan bertambahnya pasien terkonfirmasi positif maka jumlah pasien bertambah yakni 74 orang dan 69 orang telah dinyatakan sembuh. Saat ini ada dua orang dirawat di ruang isolasi RSUD Nunukan, sedangkan duanya menjalani isolasi mandiri, dan satunya menjalani isolasi di RSUD Malinau,” ujarnya.

Baca Juga :  Uji Sampel Pangan di Pasar Inhutani, Sayuran Asal Malaysia Positif Residu Pestisida

Melihat hal itu, Aris Suyono mengatakan, dengan bertambahnya pasien positif covid-19 di Kabupaten Nunukan, maka di lapangan memungkinkan terjadinya penularan.

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjadi jarak,” imbuhnya.(*)

Reporter: Darmawan
Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *