oleh

Hamilton Raih Titel Ketujuhnya di F1 Dengan Kemenangan di Turki

Jakarta – Lewis Hamilton menjuarai Grand Prix Turki pada Minggu sekaligus menyegel gelar juara dunia ketujuhnya di saat raihan poinnya mustahil dikejar rival terdekatnya sekaligus rekan satu tim, Valtteri Bottas, dengan tiga seri tersisa hingga akhir musim.

Pebalap tim Mercedes itu berangkat ke Istanbul Park dengan keunggulan 85 poin dari Bottas dan meraih kemenangan kesepuluhnya musim ini di saat sang pebalap Finlandia gagal finis dengan poin di saat hanya 78 poin maksimal tersisa hingga akhir musim.

Hamilton meraih gelar juara dunia pertamanya bersama McLaren pada 2008 dan enam lainnya bersama Mercedes (2014, 2015, 2017, 2018, 2019 dan 2020) sehingga menyamai rekor tujuh titel yang dipegang pebalap legendaris Jerman Michael Schumacher.

Baca Juga :  Spanyol Atasi Swiss Berkat Gol Tunggal Oyarzabal

Hamilton juga telah memecahkan rekor 91 kemenangan Grand Prix milik Schumacher di Portugal dan kini sang pebalap Inggris itu menjadi pebalap tersukses di Formula 1 dengan rekor 94 kemenangan.

Dia juga memegang rekor pole position dan jumlah finis podium yang lebih banyak dari para pebalap lainnya dalam sejarah Formula 1.

“Saya kehilangan kata-kata. Biasanya saya mulai dengan mengatakan banyak terima kasih kepada kalian semua di sini dan yang ada di pabrikan, karena memberi saya kesempatan ini. Saya sangat bangga dengan mereka,” kata Hamilton setelah lomba usai seperti dikutip laman resmi Formula 1.

Baca Juga :  Argentina Kalahkan Peru Dua Gol Tanpa Balas

“Hari ini datang ke sini, kami tahu kami tertinggal dan kami berusaha sebaik mungkin (di kualifikasi). Tidak saling menyalahkan, kami belajar banyak…. Saya melihat temperatur, saya memperbaiki jalur membalap dan ketika Seb masuk pit, saya memutuskan untuk tetap di luar.”

Sergio Perez, yang belum mengamankan bangku untuk musim depan, meraih hasil finis terbaiknya sebagai runner-up bersama Racing Point dan penampilan impresif Sebastian Vettel membawa pebalap sang pebalap Jerman di podium untuk pertama kalinya musim ini bersama Ferrari di peringkat ketiga.

Baca Juga :  Gol Bunuh Diri Prancis Menang 1-0 atas Jerman

Charles Leclerc finis tak jauh di belakang rekan satu timnya itu di P4, yang menjadikan hasil finis terbaik tim Italia sejauh musim ini.

Setibanya di parc ferme, Vettel langsung menghampiri Hamilton dan langsung menjabat tangan sang pebalap Mercedes, demikian pula Bottas yang memberi selamat kepada rekan satu timnya.

Balapan seri ke-13 itu berlangsung sepenuhnya di atas trek yang basah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed