Vietnam Bersiap Hadapi Topan Vamco, 53 Tewas di Filipina

Hanoi – Vietnam bersiap menghadapi Topan Vamco yang diperkirakan menerjang pantai tengah negara itu pada Minggu pagi,  sementara korban tewas di Filipina akibat topan paling maut di negara itu bertambah menjadi 53 orang.

Dengan kecepatan angin hingga 165 kilometer per jam (103 mph), Vamco diperkirakan akan mencapai sebagian besar pantai Vietnam, dari Ha Tinh hingga Provinsi Quang Ngai, kata badan cuaca pemerintah, Sabtu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1570 votes

“Ini adalah topan yang sangat kuat,” kata Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc. Ia memperingatkan provinsi-provinsi di jalur yang akan diterjang Topan Vamco untuk bersiap menghadapi dampaknya.

Baca Juga :  Pengadilan Moskow Tahan Tersangka Keempat Penyerang Balai Kota Crocus

Provinsi-provinsi tersebut berencana untuk mengevakuasi 468.000 orang pada Sabtu, media pemerintah mengutip pernyataan otoritas manajemen bencana pemerintah.

Vietnam rentan terhadap badai dan banjir yang merusak karena garis pantainya yang panjang. Vamco tahun ini akan menjadi badai ke-13 yang melanda negara Asia Tenggara itu, tempat sudah lebih dari 160 orang tewas dalam bencana alam yang dipicu oleh serangkaian badai sejak awal Oktober.

Baca Juga :  Parlemen Israel: Perang Usai jika Warga Yahudi Menetap di Gaza utara

“Tidak ada jeda bagi lebih dari delapan juta orang yang tinggal di Vietnam tengah,” kata Nguyen Thi Xuan Thu, Presiden Palang Merah Vietnam. “Setiap kali mereka mulai membangun kembali kehidupan dan mata pencaharian mereka, mereka dihantam lagi oleh badai.”

Di Filipina, dinas penjaga pantai dan badan-badan bencana bergegas untuk menyelamatkan ribuan orang di provinsi utara setelah Vamco, topan ke-21 yang melanda Filipina tahun ini, menghantam pulau utama Luzon pada Rabu (11/11) malam dan Kamis (12/11) pagi.

Baca Juga :  Rumah Sakit Al Amal di Gaza Lumpuh Total Akibat Pasukan Israel

Topan Vamco telah menewaskan sedikitnya 53 orang, melukai 52 orang, dan menyebabkan 22 orang hilang di Filipina, menurut kepolisian dan militer Filipina.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *