oleh

Pjs. Bupati Tana Tidung Berpesan agar Semua Tokoh Sosialisasikan Pilkada Aman dan Damai

TANA TIDUNG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Utara menggelar sosialisasi Pilkada 2020 untuk Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat tentang Pemilihan Kepala Daerah dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih dan menyukseskan Pilkada berkualitas, sehat, bebas Covid-19 di Kabupaten Tana Tidung, yang difasilitasi Kesbangpol Tana Tidung di Gedung Pendopo Djaparuddin, Rabu, (11/11/2020).

Acara dibuka oleh Pjs. Bupati Tana Tidung, Datu Iqro Ramadhan yang dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kaltara, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, KPU dan Bawaslu Kaltara, KPU dan Bawaslu Tana Tidung, Kepala OPD lingkup Pemkab Tana Tidung serta perwakilan Ormas, Toga, Tomas, Todat se-Kabupaten Tana Tidung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam sambutan Pjs. Gubernur Kalimantan Utara yang dibacakan Pjs. Bupati Tana Tidung, Teguh Setyabudi menyampaikan bahwa kualitas demokrasi saat ini menjadi salah satu yang dipertaruhkan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif aman covid-19.

Dengan diputuskannya kelanjutan tahapan pilkada serentak pada 9 Desember 2020 dengan menggunakan protokol kesehatan, namun juga tetap menjaga kualitas demokrasi lokal pemilihan. Penyelenggaraan pilkada ini tidak mudah dikarenakan pemilu harus mengelola dua aspek sekaligus, yakni teknis pelaksanaan dan ketaatan protokol kesehatan.

Sementara itu, pada sambutan Pjs. Bupati Tana Tidung sendiri, Datu Iqro memyampaikan harapannya untuk partisipasi masyarakat (jumlah pemilih) pada pilkada kali ini dapat semakin meningkat dari pilkada sebelumnya yang mencapai indeks demokrasi sebesar 86,19% dari jumlah pemilih.

“Saya mengimbau kepada seluruh stakeholder, khususnya instansi vertikal/aparat keamanan agar dapat saling bersinergi dan berkoordinasi dengan baik dalam menjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan pada penyelenggaraan setiap tahap dalam pilkada ini. Kesadaran individu dalam menerapkan prokes juga sangat dibutuhkan. Demikian pula halnya kepada penyelenggara dan khususnya bagi Ormas, Toga, Tomas, Todat se-Kabupaten Tana Tidung agar dapat berperan secara massif dalam menyosialisasikan pelaksanaan pesta demokrasi yang aman dan damai,” terangnya.

Terakhir, Datu Iqro Ramadhan menekankan agar penyelenggara dan pemilih dalam pilkada serentak untuk ketat, dan disiplin taat menerapkan protokol kesehatan sehingga ajang pilkada tersebut tidak menciptakan kluster positif covid-19 yang baru.(*)

 

Sumber: Diskominfo Tanatidung

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed