oleh

Budidayakan Kopi, 2.500 Bibit Robusta Tiba di Berau

BERAU – Kopi robusta adalah jenis kopi yang dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah beriklim panas. Kopi Robusta saat ini paling banyak digemari oleh pencinta kopi.

Varietas kopi robusta paling mudah untuk dibudidayakan. Hal ini yang mendasari Ibransyah dan beberapa petani di Kampung Kasai Kabupaten Berau untuk mulai merintis penanaman kopi Robusta. Diharapkan dalam 3 tahun ke depan Kabupaten Berau mampu menghasilkan kopi bercita rasa khas Berau dan berkualitas ekspor.

Senin (09/11), Pejabat Karantina Tarakan Wilayah Kerja Berau melakukan pemeriksaan fisik dan kelengkapan dokumen terhadap masuknya 2500 batang bibit Kopi dari Yogyakarta yang akan ditanam di wilayah Kabupaten Berau. Berdasarkan pemeriksaan dinyatakan bahwa bibit kopi dalam kondisi baik dan dapat ditanam di wilayah Berau.

Baca Juga :  Irjen Pol Herry Rudolf Nahak Resmi Jabat Kapolda Kaltim

Kepala karantina pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby optimis jika kopi robusta yang ditanam di Berau ini menjadi komoditas potensial untuk ekspor.

“Saya yakin sekali jika dikelola dengan serius, ini bisa mendukung program Kementerian Pertanian, yaitu Gratieks atau Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor. Pasalnya kopi dari Indonesia sudah dikenal oleh dunia, namun masih diperlukan penanganan dan pengolahan yang baik” ujarnya.

Baca Juga :  Kunjungi Mahasiswa Kaltara di Samarinda, Zainal Paliwang Tampung Aspirasi dan Keluhan untuk Diperjuangkan

“Bibitnya sudah bagus dilengkapi sertifikat karantina. Sehingga dapat dipastikan bebas dari OPTK. Harapannya hasil panennya nanti juga akan bagus” pungkasnya.(*)

Reporter : Yogi Wibawa

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed