oleh

Layanan Psikologi Balanceway.Id Terus Melakukan Adaptasi di Tengah Pandemi Global

Oleh: Tri Mahardika Dewi, M.Psi, Psikolog

(Founder Pusat Layanan Psikologi Balanceway Indonesia)

 

SUDAH nyaris 1 tahun kita berada di tengah pandemi global yang melanda dunia. Dinamika perubahan yang sangat massive memaksa semua bidang beradaptasi dengan kecepatan tinggi. Banyak hambatan, kesulitan dan bantu sandungan yang dialami semua pihak, tentu ini wajar. Namun tentu kita tidak bisa menyerah dan pasrah begitu saja terhadap keadaan bukan? Baik industry sampai dengan ranah pendidikan tentu tetap harus berjalan semaksimal mungkin, maka dari itu percepatan teknologi 4.0 menuju 5.0 menjadi langkah yang tidak bisa ditunda – tunda lagi, kondisi memaksa semua kalangan untuk dapat berpacu dengan perubahan yang disruptive.

Lalu bagaimana dengan lingkup psikologi? Perubahan apa saja yang telah terjadi? Apabila diperhatikan tentu telah banyak layanan – layanan yang saat ini menyediakan fasilitas online, terutama terkait dengan konseling dan layanan konsultasi lainnya. Salah satunya yang juga telah hadir di kota Tarakan adalah pusat layanan psikologis balanceway.id.

Adanya layanan ini diharapkan dapat membantu berbagai lini masyarakat yang terdampak secara psikis untuk dapat memperoleh layanan mudah dan murah hanya melalui smartphone anda. Akan tetapi bukankah layanan psikologis bukan hanya berbatas pada konseling saja? Bagaimana dengan layanan yang umumnya juga dilakukan oleh para tenaga psikolog selama ini yang bersifat lebih praktis seperti tes intelegensi, tes minat bakat, tes kepribadian , seleksi karyawan, seleksi mahasiswa dan pelajar, dsb. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga psikolog kita untuk dapat terus berkembang mengikuti laju teknologi di tengah pandemi.

Sebelum membicarakan solusi, tentu perlu kiranya saya menjelaskan mengenai apa manfaat dari tes – tes yang telah disebutkan di atas. Berbagai tes di atas kerap kali dimanfaatkan untuk mengetahui potensi yang dimiliki seorang individu agar dapat memproyeksikan bagaimana individu tersebut dalam menghadapi suatu tugas, pendidikan ataupun lingkungan baru yang akan individu tersebut tuju. Dalam hal ini bisa dari segi penjurusan mata pelajaran, kuliah bahkan penerimaan dan penempatan jabatan kerja.

Tes di atas dapat membantu individu untuk mengetahui kapasitasnya, apakah cocok atau tidak dalam jurusan atau pekerjaan tertentu. Di sisi lain, lembaga pendidikan atau perusahaan yang akan menerima juga dapat menyaring calon – calon anggota baru yang sesuai dengan kondisi mereka agar diperoleh suatu ekosistem yang dapat memiliki dinamika yang positif dan optimal.

Selama ini pengetesan tersebut hanya dapat dilakukan secara tatap muka dengan mengerjakan ragam tes psikologi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan peruntukannya. Akan tetapi di tengah pandemi tentu banyak yang kemudian harus dipertimbangkan, baik dari segi protokol kesehatan, lokasi, ketersediaan tenaga psikolog, yang apabila tidak terhandle dengan baik dapat mengakibatkan tidak kondusifnya pengetesan dan ragam masalah serius lainnya mengingat kita ada di tengah pandemi.

Merespons dari situasi tersebut, balanceway.id bekerjasama dengan tenaga profesional di bidang psikometri Universitas Padjadjaran Bandung dan juga tenaga profesional IT serta tentu saja psikolog – psikolog terpercaya meluncurkan mekanisme asesmen psikologi yang bersifat online. Hal ini akan mempermudah masyarakat yang hendak melakukan pengetesan psikologi untuk beragam kebutuhan di tengah pandemi global seperti saat ini. Selain itu mekanisme ini memungkinkan hasil tes dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien karena keakuratan dan kecepatannya telah didukung dengan sistem IT terpercaya, dan diawasi tenaga psikolog profesional yang berpengalaman.

Saat ini masyarakat kota Tarakan tetap bisa melakukan berbagai asesmen psikologi ini tanpa perlu pergi ke lokasi public. Cukup mengandalkan gadget yang memiliki akses internet dan kamera maka pengetesan dapat dilakukan di mana saja. Mekanisme ini dapat dimanfaatkan baik oleh individu secara pribad ataupun instansi, sehingga dapat meminimalisir berbagai biaya akomodasi lainnya.

Melalui situasi ini kita dapat melihat banyak ragam kesempatan dan peluang yang dapat kita temukan di tengah situasi yang kurang nyaman sekalipun. Membuktikan harapan itu selalu ada, dan situasi yang tidak nyaman bisa saja memberikan manfaat dan perubahan positif untuk kita. Jangan ragu untuk terus bangkit dan mengembangkan potensi anda bersama balanceway.id

Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi akun instagram : balanceway.id. Phone : 085822361411.(*)

 

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed