Kuatkan Data Kelompok Tani, Pemkab Malinau Launching Aplikasi Sidak Poktan

MALINAU – Ingin adanya pengelolaan anggaran yang baik dan sistematis serta transparan, kepada para kelompok tani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau akhirnya melaunching aplikasi yang bernama Sidak Poktan.

Aplikasi Sidak Poktan ini merupakan aplikasi sistem yang akan mendata semua data pribadi serta aset yang dimiliki oleh para petani dan kelompok tani yang ada di Kabupaten Malinau.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1587 votes

Sekkab Malinau Dr. Ernes Silvanus, S. Pi, M. Si menjelaskan, kegunaan aplikasi Sidak Poktan agar setiap bantuan anggaran yang diberikan oleh Pemkab bisa tepat sasaran dan tepat kegunaannya.

Nantinya akan berguna dan memperkuat Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) penggunaan anggaran daerah.

“Jika ada aplikasi ini kan, Pemkab juga akan enak memberikan bantuan anggaran kepada para kelompok tani,” kata Ernes.

“Karena disini akan mendata jumlah petaninya, aset petaninya dan usaha dari petani itu sendiri. Sehingga, kita juga tahu anggaran bantuan nanti akan digunakan untuk apa saja,” lanjutnya.

Dengan launchingnya aplikasi Sidak Poktan, ia berharap agar tidak ada lagi tumpang tindih anggaran yang disebabkan oleh lemahnya pendataan kelompok tani, serta tidak menginginkan munculnya kelompok tani baru yang hanya menginginkan bantuan anggaran.

“Biasa ada yang dapat dan ada yang tidak dapat bantuan karena lemahnya data dan ini yang kita perbaiki. Tapi saya juga berharap, jangan karena aplikasi ini nanti muncul kelompok baru yang tujuannya agar dapat bantuan. Tapi aset usaha taninya tidak jelas,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *