Dirjen IKP: Tugas Diskominfo Salurkan Narasi Positif tentang Pemilihan Serentak 2020

JAKARTA – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Prof. Dr. Widodo Muktiyo meminta seluruh jajaran Dinas Kominfo di daerah untuk menyampaikan narasi positif tentang Pemilihan Serentak 2020. Narasi utamanya dikatakan Widodo adalah Pemilihan Serentak 2020 harus berlangsung jujur dan adil (jurdil), luber (langsung umum, bebas, dan rahasia), serta aman dari Covid-19.

“Dinas Kominfo di seluruh daerah yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak harus mampu memberikan informasi yang edukatif dan positif mengenai Pemilihan di tengah pandemi. Ajak masyarakat untuk memperhatikan seluruh persiapan penyelenggaraan Pemilihan, mulai dari pencalonan, kampanye atau debat kandidat, sampai nanti ramai-ramai datang ke TPS, namun tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Widodo.

Menurut Widodo, Diskominfo harus mengemas informasi terkait hal-hal tersebut menjadi konten yang menarik agar mudah dipahami oleh masyarakat. Ia mengingatkan Diskominfo di seluruh daerah penyelenggara Pemilihan agar mencegah terjadinya krisis manajemen komunikasi selama penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020.

Baca Juga :  Golkar Tarakan Siapkan 4 Kader Terbaik ke Pilwali, Siti Laela Punya Kans Besar

Oleh karena itu, Diskominfo menurutnya harus mengumpulkan database sebanyak mungkin terkait persiapan Pemilihan Serentak 2020, agar informasi yang disampaikan ke masyarakat berbasis data yang aktual.

“Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, kita juga perlu mengambil langkah yang tidak biasa agar Pemilihan Serentak berjalan dengan sukses. Diskominfo harus berpikir kreatif dan inovatif untuk memproduksi informasi yang edukatif supaya masyarakat menyambut positif Pemilihan Serentak 2020 dan berbondong-bondong datang ke TPS tanggal 9 Desember 2020 nanti,” tutup Widodo.(adv)

Baca Juga :  Timnas AMIN Duga Terdapat Kecurangan yang Dilakukan Prabowo-Gibran

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *