Perdana, Berau Suplai Batok Kelapa Ke Surabaya

BERAU – Tak lagi dipungkiri bahwa pohon kelapa kaya akan manfaat untuk diolah. Mulai dari akar hingga ujung daun bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Bahkan batok kelapa sendiri juga memiliki nilai ekonomis yang menjadi ladang bisnis. Seperti yang dilakukan pejabat Karantina Pertanian Tarakan, saat melakukan sertifikasi terhadap 13 ton batok kelapa untuk memeriksa kelengkapan dokumen serta pemeriksaan fisik agar memastikan batok kelapa tersebut bebas dari OPT, sebelum dikirimkan ke Surabaya, Jawa Timur, Minggu (25/10/2020).

Baca Juga :  Tim Energi Tarakan Ikuti Lomba TTG dan Posyantek Tingkat Provinsi Kaltara

Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby menyampaikan, batok kepala ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku arang, pengawet makanan alami, hingga kerajinan tangan dan lain-lain.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1972 votes

“Pengeluaran batok kelapa dari Berau ke Surabaya ini adalah yang perdana, pengguna jasa pun sudah menaati aturan dengan melapor kepada kami sebelum melalulintaskan batok kelapa tersebut,” ujar Kepala Karantina Pertanian Tarakan, Akhmad Alfaraby saat dihubungi benuanta.co.id, Jumat (30/10/2020).

Baca Juga :  Harga Telur Ayam Meningkat Peminat Turun Drastis

Walaupun batok kelapa asal Berau ini baru pertama kali dilalulintaskan ke luar daerah. Akhmad Alfaraby menyebut, pelaku usaha yang melakukan pengiriman ini sangat koperatif untuk melapor ke Karantina.

“Untuk asal pengiriman dari wilayah Kaltara belum ada yang melapor, dan ini masih perdana untuk pengiriman ke Surabaya melalui kami. Pelaku usaha pun sangat koperatif dengan langsung bertanya persyaratan atau prosedur yang harus dijalani kepada kami. Kita berharap kedepannya pelaku usaha asal Kaltara juga bisa melakukan pengiriman seperti ini, yang bisa meningkatkan ekonomi,” tukasnya.(*)

Baca Juga :  Pengeluaran per Kapita Sebulan Daerah Perkotaan untuk Makanan Rp 817.846

Reporter : Yogi Wibawa

Editor : Ramli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *