oleh

Malam Ini Masyarakat Diminta Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

PULUHAN POHON TUMBANG AKIBAT HUJAN LEBAT DAN ANGIN KENCANG DI TARAKAN

TARAKAN – Hujan lebat yang terjadi Senin, 26 Oktober kemarin malam di Tarakan, membuat sejumlah pohon tumbang. Tercatat ada puluhan pohon tumbang dan ada yang menimpa rumah warga hingga mengalami kerusakan. Seperti yang terjadi di Sebengkok Pelayaran, RT 14, Kelurahan Sebengkok.

Rumah warga Sebengkok bernama Junaidi tertimba pohon tumbang di bagian dapurnya. Hal itu menyebabkan atap rusak dan harus segera dilakukan perbaikan. Hal ini disampaikan Yuliarno, menantu yang tinggal serumah dengan Junaidi.

Peringatan Dini cuaca di Tarakan

Disampaikannya, pohon yang cukup besar berada di belakang rumahnya itu tumbang sekira pukul 17.00 Wita. Beruntung tak ada korban dalam peristiwa tersebut. “Kondisi rumah tidak terlalu hancur, cuma seng saja yang rusak, tapi keluarga sdah bergerak perbaiki. Sementara pakai seng bekas dulu,” terangnya kepada benuanta.co.id.

Batang pohon yang menimpa bagian belakang rumahnya pun telah dibersihkan secara mandiri oleh Yuliarno dan keluarga. Sementara itu, pihak Kelurahan Sebengkok bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tarakan sudah melakukan tinjauan ke rumah Yuliarno. “Besok BPBD datang lagi untuk melakukan penebangan pohon,” ujarnya.

Kendati demikian, Yuliarno menyebut posisi rumahnya masih berbahaya jika terus-terusan terjadi hujan dengan intensitas lebat dan lama. Pasalnya masih ada beberapa pohon besar di belakang rumahnya, selain itu posisinya juga lereng gunung. “Cuma potensi tanah longsor dan pohon tumbang masih ada,” tuturnya.(*)

Sementara itu, berdasarkan rilis cuaca dari BMKG Tarakan, hujan sedang hingga Lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi dengan durasi sekitar 1 jam di wilayah Tarakan, Senin 26 Oktober 2020 pukul 19.00 WITA hingga 20.00 WITA.

Dampak dari kejadian tersebut, BPBD Kota Tarakan mencatat data sementara lebih 20 titik pohon tumbang plus 1 unit tempat usaha dan 1 tower yang tumbang.

Selain itu, prediksi cuaca hari ini, Selasa (27/10/2020) hingga Rabu (28/10/2020) diprediksi masih terjadi hujan sedang hingga lebat di beberapa daerah. Seperti di daerah Tanjung Selor, Malinau, Nunukan, KTT dan Tarakan.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dengan angin kencang pada sore dan malam hari di wilayah Malinau Selatan, Malinau Selatan Hulu, Peso, Sekatak, Sembakung Atulai, Tarakan,” bunyi rilis peringatan dini BMKG Stasiun Meteorologi Juwata Tarakan.

Peringatan dini cuaca ini diprediksi terjadi sejak Selasa (27/10/2020) pukul 08.00 Wita hingga Rabu (28/10/2020) pukul 08.00 WITA. (*)

 

Reporter: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed