oleh

Peserta Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh Medco E&P di Tarakan Terbitkan Buku Pedoman Pembelajaran Tematik

TARAKAN – Peserta Pelatihan dan Pendampingan Peningkatan Kapasitas Guru pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) Aset Tarakan telah selesai mengikuti kegiatan ini selama dua bulan. Mereka berhasil menerbitkan buku 267 halaman, berisi modul pembelajaran tematik integratif yang dapat diaplikasikan dalam PJJ di sekolah.

Tarakan menjadi kota pertama yang dipilih Medco E&P untuk melaksanakan program pelatihan yang dibuka sejak Kamis (3/9) dan ditutup Sabtu (24/10) ini. Serangkaian pelatihan telah berhasil dilaksanakan dalam delapan sesi oleh 35 guru dan kepala sekolah dasar di Kelurahan Mamburungan dan Mamburungan Timur, Kecamatan Tarakan Timur. Perusahaan berharap peserta dapat membagi ilmu dan pengalamannya pada guru lain yang belum sempat ikut pelatihan bersama tim School of Universe pimpinan pakar pendidikan Lendo Novo.

Penutupan acara ini dihadiri oleh VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi, Kepala Perwakilan SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi Nidu Syaifudin, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Tarakan Tajuddin Tuwo, dan General Manager Kalimantan Region Herman Fauzi serta para kepala sekolah dan guru yang berasal dari delapan sekolah dasar di sana.

Syarifuddin salah seorang guru yang ikut kegiatan ini menyatakan berkat pelatihan ini, mereka dapat melakukan pembelajaran dengan materi pelajaran dari buku dikombinasikan dengan alam. “Kami sekarang bisa terus belajar dan mengajar bersama orangtua dan siswa walaupun mereka sedang bekerja di Tambak atau ladang,” ujarnya.

“Kami berharap materi pelatihan yang telah diterima oleh para guru dapat terus dikembangkan dan diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Kami yakin, dukungan dari Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Tarakan dan pihak sekolah juga akan terus diperlukan untuk memfasilitasi ide, gagasan dan metode belajar tematik integratif yang nantinya hadir dari para peserta pelatihan, ” ujar Drajat Panjawi.

Sementara itu, Kepala SKK Migas Perwakilan Kalsul Syaifuddin mengatakan materi pembelajaran ini dapat dilaksanakan dan ditularkan pada guru di sekolah-sekolah lain. “Kita juga mengapresiasi sedalamnya kepada Medco E&P dan menjadi bentuk nyata dukungan dari Kontrakor Migas pada masyarakat,” ujarnya. Senada dengan Syaifuddin, Kepala Dinas Pendidikan Tajuddin berharap Medco E&P dapat terus melaksanakan pelatihan yang bermanfaat bagi guru.(*)

Reporter: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed