oleh

Dua Siswa Nunukan Akan Wakili Kaltara di KSN Tingkat Nasional

NUNUKAN – Putra terbaik Kabupaten Nunukan, Jumadi, siswa SMP 1 Nunukan dan Adyatma Ahnaf Hasanuddin siswa SMPIT Ibnu Sina Nunukan, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud Nomor : 2322/J3/PD/2020 tanggal 22 Oktober 2020, ditetapkan sebagai peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) dari Provinsi Kaltara Bidang IPS yang mendapat rangking nilai tertinggi dan masuk peringkat 5 besar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Nunukan, H. Junaidi. SH, mengatakan, kedua siswa tersebut bersama 3 siswa dari daerah di Kaltara akan mewakili Provinsi Kaltara dalam ajang KSN tingkat Nasional yang akan diselenggarapan 1 hingga 6 November 2020 di Jawa Barat mendatang.

“Dengan adanya Kompetisi Sains Nasional (KSN) diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk mengusasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia, termasuk peserta didik yang tinggal di wilayah perbatasan seperti Nunukan ini,” kata H. Junaidi, Jumat (23/10/2020).

Lanjut dia, Ini merupakan sebuah setrategi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kompetisi sains telah memiliki posisi khusus di berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh peserta didik. Maka melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini dapat terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaik.

Peserta didik asal Nunukan yang mendapat rangking tertinggi KSN tingkat provinsi dan akan mewakili Kaltara dalam KSN Tingkat Nasional, juga mengucapan terimakasih kepada Kepala Sekolah, guru, pembimbing, rekan-rekan Bidang Dikdas dan orang tua peserta didik yang telah memberikan support dan keserjasamanya, serta berjibaku untuk membantu peserta didik dalam seleksi KSN tingkat provinsi, sehingga bisa memperoleh prestasi yang membanggakan.

Di masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda dan menyebabkan dampak yang luar biasa dan luas hampir di semua sektor, tidak terkeculai sektor pendidikan, namun tidak menyurutkan langkah dan komitmen Disdikbud Nunukan, dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan membangun karakter peserta didik yang kuat dan tangguh, terlebih dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Dan inilah salah satu wujud nyata komitmen kita, peserta didik yang kita bina, kita dampingi, kita gembleng selanjutnya kita support untuk mengikuti seleksi KSN-P yang notabene merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter dan bisa menorehkan prestasi meskipun pandemi Covid-19,” ujar H. Junaidi.

Dia juga berpesan kepada kedua peserta didik, Disdikbud Nunukan agar tidak berpuas hati dulu, terus belajar dengan giat, jaga kesehatan dan manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk persiapan mengikuti KSN tingkat nasional. Sehingga nantinya bisa mendapatkan prestasi terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Nunukan di level nasional. (*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed