oleh

Program Terobosan Cabup Malinau Wempi, Wajib Belajar dan Desa Sarjana

MALINAU – Meski terletak jauh diujung Indonesia, namun tidak banyak yang mengetahui kalau Kabupaten Malinau telah banyak melahirkan bibit sarjana yang berasal dari universitas ternama yang ada di Indonesia.

Hal itu tentu tidak lepas dari peran Bupati saat ini yakni, Dr. Yansen TP, M. Si yang telah banyak memberikan beasiswa prestasi kepada anak-anak muda Malinau.

Dan karena kesuksesan itu pula lah, Wempi W Mawa sebagai pasangan calon Bupati Malinau, bertekad akan meneruskan program tersebut.

“Selama ini kita ada program wajib belajar di Malinau dengan pembiayaan dari daerah dan ke depan kita akan buat program desa sarjana,” kata Wempi W Mawa saat ditemui oleh benuanta.co.id.

Pria yang sudah 2 periode menjabat ketua DPRD Malinau itu menjelaskan, desa sarjana merupakan program yang akan membuat para sarjana muda yang ada di Kabupaten Malinau, bisa mengeluarkan potensi terbaiknya untuk membangun desa-desa yang ada di Malinau, agar tidak ada lagi yang desa tertinggal.

“Kita akan fasilitasi dengan menggunakan APBD, baik yang berhubungan dengan pertanian, pendidikan maupun pembangunan. Jika Sarjana ini berasal dari desanya sendiri. Maka, dialah yang lebih mengerti dengan kebutuhan desanya dan kita di pemerintahan akan membantunya,” jelasnya.

Meski nantinya program ini akan membutuhkan anggaran yang cukup banyak. Namun Wempi berkeyakinan kalau program dibutuhkan oleh para sarjana muda Malinau, agar tidak pergi mencari nafkah di daerah lain.

“Demi membangun Indonesia tentu tidak apa-apa jika mereka yang dari Malinau malah pergi membangun daerah lain, itu kan juga kebanggaan kita. Tapi, saat ini daerah mereka lebih membutuhkan kehadiran mereka dan ini yang akan kita lakukan,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed