oleh

Bawaslu Malinau Dapati Masyarakat Langgar Protokol Kesehatan di Masa Kampanye, Donny: Tanggung Jawab Paslon

MALINAU – Kondusifitas yang terjadi di Kabupaten Malinau selama musim kampanye diharapkan dapat terus berlanjut hingga saat pemungutan suara hingga penetapan suara.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Malinau, Donny, S.Th mengatakan kalau pihaknya belum mendapatkan laporan dari para paslon dan masyarakat terkait dengan adanya pelanggaran pemilu.

“Kalau saat ini yang melaporkan ke pihak kita itu tidak ada, baik sesama paslon maupun masyarakat,” kata Donny.

Meski demikian, Bawaslu Malinau masih menyayangkan pelanggaran yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

Walaupun tidak ada yang melaporkan namun menurut hasil pantauan lapangan yang dilakukan Bawaslu Malinau, pelanggar protokol kesehatan kerap kali terjadi saat para paslon melakukan kampanye atau sosialisasi kepada masyarakat.

Donny juga menjelaskan, kalau pelanggar protokol kesehatan bukanlah disebabkan oleh para paslon, melainkan oleh masyarakat yang selalu berantusias, hingga membludak saat para paslon melakukan kegiatan.

“Tanggung jawab tetap jatuh kepada para paslon, karena ini kan kegiatannya mereka. Karena di lapangan kita selalu mendapati masyarakat yang tidak jaga jarak, ada juga ibu hamil, hingga membawa anak kecil yang sebenarnya tidak boleh,” ungkapnya.

Bawaslu belum memberikan teguran secara tertulis. Donny berharap kalah para paslon nantinya bisa lebih tegas dan ketat dalam mengatur masyarakat untuk mengikuti aturan yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

“Karena dari masyarakat jadi agak sulit juga bagi kita, karena setiap Pemilu antusias masyarakat kan sangat tinggi. Jadi kita tegur secara lisan saja kepada masyarakat maupun Paslonnya, agar bisa tegas mengatur massanya saat melakukan kegiatan,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed