oleh

DPS Sempat Dikoreksi Bawaslu, KPU Malinau Tetapkan DPT 50.682 Pemilih

MALINAU – Dalam Rapat Pleno yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau yang dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Liaison Officer (LO) paslon dan perwakilan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil), akhirnya menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Malinau 50.682 pemilih.

Sebelum ditetapkannya jumlah DPT oleh KPU Malinau pada hari ini, data Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang ada di Malinau sempat mengalami masalah. Terkait adanya temuan Bawaslu Malinau yang mendapati adanya 1.200 lebih data pemilih yang bermasalah seperti data pemilih ganda dan data kependudukan yang tidak jelas.

Namun berkat baiknya koordinasi kerja yang dilakukan oleh Bawaslu dan KPU, permasalahn itu pun akhirnya bisa terselesaikan sebelum ditetapkannya DPT dan karena hal itu jugalah ketua Bawaslu Malinau Donny, S. Th menjamin kalau DPT yang telah ditetapkan merupakan data yang valid.

“Kemarin DPS saja yang bermasalah, tapi semua sudah terselesaikan dengan baik, makanya angka 50.682 itu ditetapkan sebagai DPT,” kata ketua Bawaslu.

Jika pun ada masalah yang berkaitan dengan pendataan, hal itu ialah mengenai data pemilih ganda, data pemilih yang ada di rumah tahanan dan data tahanan kejaksaan.

Donny menjelaskan pihaknya sempat berfokus kepada ketiga hal itu, lantaran sulitnya mencocokan data yang ada, terutama data pemilih tahanan kejaksaan yang kebanyakan berada di tempat yang berbeda-beda.

“Karena Malinau ini luas tentu sulit mencocokan data yang bermasalah. Apalagi seperti tahanan jaksa yang ada diluar provinsi, tapi setelah dikaji dan diperbaiki kita bersama KPU pun akhirnya menyelesaikannya,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed