oleh

Dapodik Sekolah di Kabupaten Malinau Diharapkan Memberikan Data Valid

MALINAU – Pentingnya sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai salah satu manajemen pendidikan saat ini, membuat dinas pendidikan Kabupaten MaIinau kembali melakukan sosialiasi, verifikasi dan validasi terkait Dapodik kepada seluruh sekolah jenjang, PAUD, TK, SD hingga SMP seluruh Kabupaten Malinau di ruang Peratu kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malinau.

Meski selama ini sistem Dapodik sendiri berjalan dengan baik di Malinau, namun menurut salah satu pengawas sekolah Riduansyah, S. Pd, kegiatan sosialisasi Dapodik harus terus dilakukan, agar tidak adanya kesalahan data saat melakukan penginputan Dapodik.

“Setiap tahun Dapodik kan bisa saja berubah dan namanya pengupgredan atau perubahan data itu pasti terjadi. Makanya Dapodik ini sangat penting bagi sekolah,” kata Riduansyah.

“Apalagi tahun ini ada pembaharuan versi terbaru Dapodik dan ini sangat penting bagi sekolah di Malinau untuk mengetahuinya,” sambungnya.

Sistem Dapodik sendiri, sebenarnya sangat penting sekali bagi sekolah khususnya sekolah yang berada di Kabupaten Malinau, karena berkaitan erat dengan data sekolah seperti, data siswa, data guru dan data-data lainnya.
Dan dari pendataan itulah yang menjadi salah satu faktor penentu dalam akreditasi sekolah.

“Kenapa harus valid dan dirubah sesuai dengan kebutuhan dan data yang sebenarnya, karena ini juga berkaitan dengan akreditasi pada sekolah-sekolah. Jadi Dapodik ini harus berisikan data yang valid,” imbuhnya.

Sedangkan untuk kegiatan sosialisasi, verifikasi dan validasi Dapodik ini Riduansyah membeberkan, kalau para operator yang menjadi sasaran utama dalam kegiatan ini. Pasalnya, para operator lah yang memiliki peran vital dalam sistem Dapodik terhadap sekolah-sekolah.

“Dapodik kan hanya bisa dimasuki oleh Kepala sekolah dan operator Dapodik sendiri. Jadi, mereka tentu harus lebih aktif dalam perubahan-perubahan data sekolah untuk dimasukan dalam Dapodik,” tutupnya.(*)

Reporter: Osarade
Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed