oleh

Serap Keluhan dan Respons Cepat Permasalahan, Deddy Sitorus Resmikan Rumah Aspirasi di Tarakan

TARAKAN – Berkeinginan untuk menyerap persoalan-persoalan kesejahteraan masyarakat di Kaltara, anggota DPR RI, Ir. Deddy Yevri Hanteru Sitorus, M.A. resmikan rumah aspirasi, kemarin malam, Jumat (9/10/2020).

Rumah aspirasi ini beralamat di Jalan Kusuma Bangsa, RT 007, Tarakan Timur, Kota Tarakan. Anggota DPR RI masa bakti 2019–2024 dapil Kaltara ini memilih ruko dengan 3 lantai sebagai tempat beroperasinya rumah aspirasi.

“Yang pertama kita punya tanggung jawab moral dan etis untuk kembali kepada masyarakat, sebagai anggota dewan kita dibatasi untuk berinteraksi karena mempunyai masa sidang dan masa reses,” ujar dewan yang sering disapa dengan sebutan Bang Deddy ini.

Dijelaskan Deddy, ketika masa reses dirinya tidak bisa menjalani semua penyerapan aspirasi, dan waktunya juga tertentu saja, sementara persoalan di Kaltara bisa mendesak.

“Dengan rumah aspirasi ini, masyarakat bisa datang kemari untuk menyampaikan keluhan atau aspirasi mereka agar kita perjuangkan, baik tingkat nasional maupun lokal,” jelasnya.

“Sehingga ada relasi dan hubungan langsung secara continue kepada masyarakat. Jadi tidak hanya pemilu dekat sama rakyat, tapi tidak memikirkan permasalahan masyarakat. Itulah sebabnya kita bangun rumah aspirasi,” terangnya.

“Untuk mendekatkan kita dengan masyarakat, memberikan respons lebih cepat, dan membuktikan bahwa kita memegang amanah yang diberikan kepada kita,” tambahnya

Deddy lanjut menjelaskan, sebenarnya rumah aspirasi sudah mulai berjalan sejak awal mula pandemi Covid-19, rumah aspirasi telah berkali-kali memberikan bantuan sembako, memberikan APD, hingga memberikan CSR. Namun pada Jumat (9/10/2020) baru dilakukan peresmian.

“Karena kita juga barusan buat warung aspirasi, agar bisa membuat diskusi rutin atau bulanan, khususnya ketika masa reses untuk mendiskusikan masalah di Kaltara,” sebutnya.

Terdapat staf yang ditugaskan untuk mengoperasikan rumah aspirasi. Selain menyerap aspirasi, bangunan yang terbilang cukup luas tersebut juga terbuka sebagai penginapan sementara bagi masyarakat dari luar daerah yang memiliki keperluan di Tarakan.

“Bagi teman-teman dari luar Tarakan yang ingin tempat untuk tidur, di sini kita juga menyediakan tempat tinggal. Ada staf yang tinggal di sini,” pungkasnya.

Selain itu, Deddy mengungkapkan, aspirasi masyarakat yang baru saja diserap lewat rumah aspirasi ini salah satunya adalah usulan pematangan lahan di Lumbis yang disampaikan oleh kepala-kepala desa, termasuk pembangunan infrastruktur jalan.

Mengutamakan Corporate Social Responsibility (CSR), Deddy masih dalam proses untuk melakukan mencarikan pembiayaan pembangunan musala, masjid, gereja, ambulans, keperluan sekolah seperti komputer dan masih banyak lagi di Kaltara.

“Hampir semua kepala daerah kita masih dalam proses mendorong untuk menyerap APBN, saya pernah membawa walikota Tarakan ketemu Menteri Kesehatan untuk mengakses pembiayaan Kota serta Kabupaten lainnya,” tutupnya.(*)

 

Reporter : Matthew Gregori Nusa
Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed