oleh

Ketua dan Pengurus PPBIF Provinsi Kaltara Resmi Dilantik

BANDUNG – Ketua dan pengurus Perkumpulan Pendidik Biologi Indonesia Folia (PPBIF) sekitar 20 wilayah masing-masing provinsi di Indonesia, oleh Pengurus Pusat PPBIF yang bersekretariat di Bandung, dilakukan pelantikan. Kegiatan tersebut secara seremoni dilaksanakan di gedung Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA), di Bilangan Jalan Diponegoro, nomor 12 Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung Jawa Barat, Sabtu 3 September 2020.

Pelantikan dilakukan oleh Kepala PPPPTK IPA, yaitu Enang Ahmadi, S.Pd. dan dihadiri oleh segenap pejabat di lingkup PPPPTK IPA. Antara lain Kepala Seksi (Kasi) Program PPPPTK/P4TK IPA, Trimurti Zahrowani, SE, Koordinator Widya Iswara, Arief Husein Maulani, M.Si., Dewan pakar Yadi Rochyadi, M.Sc dan empat dewan pakar lainnya Prof. Dr. Tati Suryati Syamsudin, MS, DEA dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Dr.Hj. Nuryani Rustaman dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Dr. Eneng Susilawati, M.Sc. dari P4TK IPA, Dr. Chaerun Anwar dari P4TK IPA, serta Endang Binarti S.Pd. M.Pd.dari Jawa Timur.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang disaksikan oleh seluruh Ketua dan pengurus se-Indonesia secara virtual, termasuk dari Kalimantan Utara. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan paparan singkat oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PPBIF Persahini Sidik, M.Si. berasal dari Banten, sekilas tentang awal terbentuknya organisasi PPBIF. PPBIF awalnya diilhami salah satu Asosiasi Guru Biologi (AGBI) yang terbentuk pada tahun 2007 yang diketuai oleh Muslim Nur. Berdasarkan Akta Pendirian nomer : 04/15-04-2020, akhirnya dideklarasikan sebagai wadah pendidik Biologi Indonesia.

Organisasi ini dilambangkan oleh dua lingkaran yang bertuliskan Perkumpulan Pendidik Biologi Indonesia yang dibatasi oleh dua bintang bertuliskan PPBIF, dengan ditengah lingkaran bergambar pohon lengkap dengan akar, batang dan lima helai jumlah daun, dua lingkaran yang melambangkan inti sel dari seluruh pendidik Biologi. Dengan maksud PPBIF mewadahi semua anggota dari bawah sampai ke atas para pendidik dari jenjang Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA), serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) /Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), jelasnya.

Kemudian dilanjutkan kata pelantikan oleh Kepala P4TK IPA dan diucapkan oleh seluruh Ketua dan Pengurus Wilayah PPBIF yang berada di provinsi di Indonesia.

Setelah selesai pelantikan, Ketua PPBIF Provinsi Kalimantan Utara, Budi Prasetyo Widodo, S.Pd. dikonfirmasi oleh awak media mengatakan, secara sah Ketua dan Pengurus yang terdiri Wakil Ketua Siti Maysjarah, S,Pd., Sekretaris yaitu Fajar Imawan, S.Pd, Bendahara, Ismiati, S.Pd, merupakan pengurus inti yang berkedudukan di Provinsi Kalimantan Utara. “Sesuai isi sambutan Ketua Umum PPBIF, kedepannya akan dibentuk kepengurusan pada masing-masing kabupaten dan kota, tetapi akan dievaluasi dulu,” tegasnya.

“InsyaAllah, khususnya di Kalimantan Utara akan kami sosialisasikan kepada seluruh anggota dan calon anggota, di mana data awalnya adalah berasal dari program studi Biologi yang berasal dari Pendidik yang tesebar pada masing-masing satuan pendidikan empat kabupaten dan satu kota di Kalimantan Utara (Kaltara). Yakni Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kota Tarakan,” tambahnya.

“Selain itu Pengurus Kaltara akan menyusun program kegiatan yang akan disinkronkan dengan pengurus pusat dan kebutuhan pendidik, apalagi saat sekarang sedang dibutuhkan saat pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19 yang belum berakhir,” pungkasnya.(*)

 

Sumber: PPBIF Provinsi Kaltara

Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. selamat atas terbentuknya wadah Pendidik Biologi seluruh Indonesia semoga semakin maju dunia pendidikan di Indonesia

News Feed