Liverpool Atasi 10 Pemain Chelsea 2-0

Jakarta – Liverpool mengatasi tuan rumah Chelsea 2-0 setelah lawannya itu harus menuntaskan pertandingan dengan 10 pemain dalam laga pekan kedua Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Setelah Andreas Christensen dikartu merah di pengujung babak pertama, Sadio Mane mencetak dua gol untuk mengantarkan Liverpool meraih kemenangan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1272 votes

Hasil itu membuat Liverpool naik ke urutan ketiga klasemen dengan koleksi enam poin, tertinggal selisih gol di belakang Everton dan Arsenal, sedangkan Chelsea (3) merosot ke urutan ke-10.

Kendati mendominasi penguasaan bola sepanjang babak pertama tak banyak peluang berarti yang diciptakan oleh Liverpool.

Christensen, yang sempat melakukan halauan bagus atas sontekan Roberto Firmino pada menit ke-13, berubah jadi pecundang ketika diusir wasit tepat di pengujung babak pertama.

Baca Juga :  Hasil Undian 8 Besar: Arsenal Hadapi Bayern, Madrid Bertemu Man City

Hal itu terjadi setelah ia melanggar Mane yang punya peluang bagus mencetak gol dari situasi serangan balik dan awalnya hanya diberi kartu kuning oleh wasit.

Namun, setelah meninjau tayangan ulang VAR wasit Paul Tierney menaikkan hukuman Christensen jadi kartu merah.

Tendangan bebas hasil pelanggaran itu dieksekusi Trent Alexander-Arnold yang masih melenceng tipis di sisi gawang, tetapi Liverpool punya keuntungan hanya menghadapi 10 pemain di paruh kedua.

Memasuki babak kedua, Frank Lampard mengirim masuk Fikayo Tomori menggantikan Kai Havertz demi mengisi lubang di lini pertahanan Chelsea. Sedangkan Thiago Alcantara masuk melakoni debutnya menggantikan kapten Jordan Henderson.

Lima menit babak kedua berjalan, situasi 11 vs 10 langsung dimanfaatkan Liverpool guna membuka keunggulan ketika Firmino mengirim umpan silang yang diselesaikan sundulan apik Mane.

Strategi Liverpool mengurung habis Chelsea di area pertahanannya sendiri berbuah gol kedua Mane, yang dihasilkan dari blunder Kepa.

Menerima bola dari Tomori, Kepa berusaha mengirim umpan ke arah Jorginho tepat di muka gawang yang langsung dipotong oleh Mane untuk menggandakan keunggulan Liverpool pada menit ke-54.

Baca Juga :  Hasil Undian 8 Besar Liga Europa 2023/24 : AC Milan vs Roma, Liverpool Lawan Atalanta

Liverpool berpeluang menambah keunggulan pada menit ke-66 ketika Firmino berhasil mengirim umpan terobosan terukur ke arah Georginio Wijnaldum, tetapi tembakan gelandang asal Belanda itu bisa dimentahkan Kepa.

Chelsea yang berusaha keluar dari tekanan dihadapkan pada situasi sulit karena lini depan mereka kekurangan pemain, hingga pada menit ke-73 mendapat hadiah tendangan penalti ketika Werner dilanggar Thiago di dalam area terlarang.

Akan tetapi, eksekusi penalti Jorginho bisa dimentahkan oleh kiper Alisson Becker yang berusaha mencatatkan nirbobol pertamanya setelah enam laga.

Chelsea kembali mengancam dari sebuah serangan balik melalui pemain pengganti Tammy Abraham pada menit ke-84, tetapi Alisson kembali sigap membaca bola dan mengusir bahaya dari gawangnya.

Dalam injury time, Mane hampir melengkapi raihan trigolnya tetapi tembakan jarak jauhnya masih bisa ditepis oleh Kepa demikian juga bola muntah hasil tendangan salah yang terlalu keras untuk dikendalikan Wijnaldum di muka gawang. Kemenangan 2-0 bagi Liverpool tak bertambah hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

Baca Juga :  Menang Dramatis atas Liverpool, Manchester United Lolos ke Semifinal Piala FA

Baik Chelsea dan Liverpool sama-sama akan melakoni putaran ketiga Piala Liga Inggris sebagai pertandingan selanjutnya. Chelsea menjamu Barnsley pada Rabu (23/9), diikuti Liverpool yang melawat ke Lincoln City sehari berselang.

Sedangkan di pekan ketiga Liga Inggris, Chelsea bakal bertandang ke markas tim promosi West Bromwich Albion pada Sabtu (26/9), sementara Liverpool main dua hari kemudian menjamu Arsenal di Anfield.

Susunan pemain:

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Reece James, Andreas Christensen, Kurt Zouma, Marcos Alonso; Mateo Kovacic (Tammy Abraham), Jorginho (Ross Barkley), N’Golo Kante; Kai Havertz (Fikayo Tomori), Timo Werner, Mason Mount
Pelatih: Frank Lampard

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Fabinho, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (James Milner), Jordan Henderson (Thiago Alcantara), Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Takumi Minamino), Sadio Mane
Pelatih: Juergen Klopp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *