oleh

Pemkab Nunukan Komitmen Bangun Sektor Pertanian dan Kelautan

NUNUKAN – Pertanian memiliki peranan yang amat penting bagi kehidupan manusia. Karena hasil pertanian menjadi keberlangsungan kehidupan.

Melihat hal itu, setiap pembangunan tidak akan terlepas dari peningkatan sumber daya manusia (SDM)-nya. Sehingga perlunya memberdayakan para petani dan pelaku usaha tani. Hal itu dilakukan di Kabupaten Nunukan.

Dikatakan Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid, saat ini sektor pertanian dan kelautan masih menjadi tulang punggung perekonomian di masyarakat. Untuk itu, pemerintah terus melakukan berbagai upaya agar dapat mengembangkan sektor agrobisnis tersebut sehingga mampu menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Nunukan. “Selama ini saya pak Faridil bekerja kongkrit tanpa embel-embel,” katanya, Jumat (18/09/2020).

Hingga saat ini program pemerintah daerah di sektor pertanian dan kelautan terus digulirkan untuk mendorong produktifitas. Seperti program bantuan bibit tanaman, bibit ikan, bahkan dukungan ekspor rumput laut, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua itu merupakan komitmen dari pemerintah untuk terus memajukan sektor agrobisnis di Kabupaten Nunukan.

Adapun realisasi bantuan pertanian di Kabupaten Nunukan di bawah kepemimpinan Hj. Asmin Laura Hafid-H. Faridil Murad terus digulirkan. Di antaranya bantuan pupuk, bantuan pestisida, bantuan benih padi, bantuan optimalisasi lahan, bantuan suplai irigasi pertanian, fasilitasi alsintan pra panen, bantuan mendukung ketahanan pangan, yakni cadangan pangan dan lumbung pangan.

Jadi pemerintah selalu hadir dan berupaya meningkatkan sektor pertanian untuk membangun dan memberdayakan para petani. Seperti memfasilitasi infrasruktur pertanian berupa lahan guna menunjang produksifitas. Hal ini merupakan bagian realisasi nyata dari program agrobisnis Laura-Faridil (Adil).

“Upaya pemerintah tidak akan pernah berhasil tanpa dukungan dari seluruh stakeholder di bidang pertanian dan kelautan. Untuk itu kita harus bersama-sama untuk bergerak dalam membangun Kabupaten Nunukan lebih maju lagi,” jelasnya. (*)

 

Reporter Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed