oleh

JOB Simenggaris Dorong Jiwa Kewirausahaan Jurnalis di Kaltara

TARAKAN – Ikhtiar menjadi jurnalis profesional sekaligus punya usaha sampingan menjadi lebih terbuka di era digital. Peluang itu ditangkap JOB Pertamina-Medco E& P Simenggaris (JOB Simenggaris) melalui virtual sharing session untuk jurnalis di Kalimantan Utara.

Kegiatan bertajuk Media JOB Simenggaris Media Gathering dan Edukasi yang berlangsung 4 (hari} berturut-turut itu juga diisi upaya peningkatan kompetensi jurnalis dalam menulis dan fotografi. Kegiatan yang dibuka oleh General Manager JOB Simenggaris Akhmad Tri Budi Prabowo ini juga diikuti oleh jajaran manajemen serta pekerja yang membawahi urusan media relations.

Menurut Budi, panggilan akrab Akhmad Tri Budi Prabowo, Pandemi tidak boleh menghalangi silaturahmi sekaligus kegiatan untuk meningkatkan kompetensi para jurnalis dan tim internal di JOB Simenggaris.
Dijelaskan, JOB Simenggaris yang mengelola Wilayah Kerja di Kalimantan Utara rutin menggelar kegiatan gathering dan edukasi media. Tahun lalu JOB Simenggaris memfokuskan gathering dan edukasi media pada upaya meningkatkan pengetahuan wartawan terhadap kegiatan hulu migas.

“Tahun ini kita fokuskan bukan hanya pada peningkatan kompetensi dibidang menulis dan fotografi, tapi juga materi yang bisa mendorong munculnya jiwa kewirausahaan teman-teman jurnalis. Ini sllaturahmi virtual yang produktif sekaligus menambah keakraban dan mengobati rindu karena lama tidak bisa bertemu,” kata Budi dihubungi seusai kegiatan, Jumat (18/9/2020).

Untuk sesi menggugah jiwa kewirausahaan, JOB Simenggaris menghadirkan pakar digital marketing Andreas Agung Bawono yang pernah menjadi juara I Affiliate Marketing diantara 5.000 peserta. Pembicara lainnya adalah Kuncasono Prasetyo, mantan jurnalis yang merintis bisnis awal lewat usaha konveksi hingga kini punya tiga perusahaan. Sementara untuk meningkatkan kompetensi wartawan dalam menulis dan fotografi yang juga diikuti tim internal JOB Simenggaris menghadirkan nara sumber Dr. Nanang Krisdinanto (mantan wartawan, dosen Universitas Widya Mandala), Beki Subechi (koordinator forografer Jawa Pos Grup) dan Dwi Eko Lokononto (anggota Dewan Pertimbangan dan Pengawas Asosiasi Media Siber Indonesia/AMSI).

Ketua PWI Kalimantan Utara Datu Iskandar Zulkarnaen menyambut gembira kegiatan yang digelar JOB Simenggaris karena saat pensiun nanti ingin merintis usaha yang juga dikembangkan melalui strategi digital marketing. “Usaha apa yang tepat untuk orang seperti saya? Bagaimana harus mengawali usaha? tanya Datu. Menjawab pertanyaan itu, Andreas Agung Bawono mengatakan, dalam merintis bisnis bisa dilakukan survei terlebih dahulu melalui media sosial untuk mengetahui barang atau jasa apa yang paling dibutuhkan orang. Namun juga bisa bermula dari apa yang paling diminati.

“Namun intinya, jika mau berusaha jangan terlalu banyak mikir atau takut rugi. Jalankan saja. Era digital memungkinkan semua orang bisa membangun usaha. Yang penting jangan gagap teknologi dan nggak ada alasan untuk gaptek karena mudah dipahami,” kata Andreas.(*)

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed