Menko PMK Pastikan Kualitas Beras Bansos PKH Sesuai Standar

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan kualitas beras bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) yang akan dibagikan kepada masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Sudah kita cek bersama kualitasnya secara random dan menurut saya sudah memadai kualifikasi kualitas beras medium dan beratnya juga tadi sudah kita coba beberapa sampel dan memenuhi syarat rata-rata di atas 15 kg,” kata Muhadjir dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1570 votes

Menko PMK meninjau langsung Gudang Bulog Pulo Brayan Darat II Medan Sumatera Utara dan memastikan kualitas beras dengan cara mencicipi beras bansos yang dimasak langsung di tempat.

Baca Juga :  DKUKMPP Nunukan Kembali Gelar Pasar Murah di Lima Lokasi

“Ini contoh beras yang sudah dimasak. Silakan dimakan ramai-ramai biar tahu dan teman-teman wartawan juga ikut merasakan rasanya beras medium seperti apa,” ucap Menko PMK.

Muhadjir mengatakan bantuan beras akan dibagikan untuk tiga bulan alokasi. Secara teknis pembagian bantuan beras akan dibagikan bertahap setiap bulan dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 10 juta KPM PKH. Akan tetapi Menko PMK menjelaskan banyak persiapan yang harus dilakukan sehingga pada tahap awal penyaluran dilakukan dua bulan alokasi sekaligus.

Baca Juga :  Baznas Kaltara Siapkan 18 Ton Beras untuk Mustahik

“Perlu dipahami, ini bukan untuk mengganti bansos yang sudah ada. Bantuan program reguler PKH tetap diberikan dan ini ditambah dengan bantuan beras. Intinya kita ingin menjamin bahan pokok terutama beras untuk KPM PKH bisa tercukupi,” kata Muhadjir.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arwakhudin Widiarso melaporkan stok beras di gudang Bulog termasuk Gudang Bulog Pulo Brayan Darat II Kota Medan cukup untuk memenuhi kebutuhan program bansos beras untuk KPM PKH di Sumut.

Baca Juga :  Pertamina Tambah Kuota BBM dan LPG untuk Kebutuhan Ramadan hingga Lebaran

“Beras yang ada di gudang Bulog ini stok tahun 2020. Jumlahnya ada 20.400 ton yang siap dibagikan kepada 455 ribu KPM PKH di Sumater Utara. Untuk Kota Medan jumlahnya 50 ribu KPM dan untuk tiga bulan alokasi,” kata Arwakhudin.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *