Menilik Pembangunan Nasional dari Kacamata Generasi Muda

Peran media dalam memberikan sumber informasi dan edukasi yang tepat sangat diperlukan demi memberi citra positif pemberitahuan yang dapat dipercaya. Keterbukaan informasi publik dan media menjadi penghubung yang menyebutkan kebenaran. Berita nasional yang memberitakan berita hoax maka akan memberikan efek yang sangat buruk terhadap di masyakat dan membuat kekeliruan menyebar lebih cepat. Faktor lain yang juga perlu diperhatikan dalam pembangunan nasional adalah ketersediaan pangan, hal tersebut seakan semakin sulit diatasi dikarenakan beberapa tahun ke belakang pemerintah Indonesia mengimpor beberapa bahan pokok dari luar negeri. Hal tersebut menandakan bahwa stok bahan pangan di Indonesia tidak mencukupi untuk masyarakatnya.

Ketahanan pangan merupakan penopang perekonomian nasional dalam hal pembangunan nasional, istilah tersebut sering kita dengar dan itu memang benar apa adanya. Ketahanan pangan di Indonesia melingkupi pertanian, kelautan, perikanan, dan kehutanan. Keempat sektor tersebut harus dijaga dan ditingkatkan perkembangannya, jika tidak maka bisa dipastikan negara Indonesia hanya bisa mendapatkan bahan pangan dari negara luar dan tidak bisa berkembang sendiri.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1956 votes

Posisi geografis negara Indonesia yang merupakan kepulauan membuat pembangunan nasional tidak merata, hal itu terbukti pembangunan banyak dilakukan di pulau Jawa yang merupakan bagian dari pulau ibukota negara. Daerah-daerah lain yang berada di luar Jawa merasakan jauh lebih sedikit dibandingkan yang dibangun oleh pemerintah, seperti daerah yang berada di bagian timur. Apalagi di beberapa daerah memiliki unsur nilai kebudayaan dan kekayaan tradisonal yang mana mempengaruhi juga faktor pembangunan nasional.

Pemerintah harus mengambil tindakan cepat karena perbedaan tersebut walau memberikan keuntungan tapi juga memberikan efek sebaliknya. Pemerintah harus memberikan regulasi tentang tindakan yang telah dilakukan. Di tingkat daerah, pembangunan nasional bisa dibantu dengan ditopang melalui peraturan-peraturan yang bisa diambil dari masukan pendapat pemuda-pemuda daerah sehingga dapat mengeluarkan peraturan yang dilakukan oleh bupati dan walikota seluruh Indonesia.

Daftar kebutuhan yang tepat dapat menyelesaikan masalah yang dialami oleh masyarakat. Dewan yang berada di daerah dapat merealisasikan reses dari daerah-daerah lain dan menerapkannya secara langsung ke masyarakat. Pemerintah daerah juga perlu mensinergikan rancangan kegiatan agar pembangunan di daerahnya selaras. Pemerintahan daerah yang baik tentu akan membantu menopang pembangunan nasional.

Untuk menciptakan pembangunan nasional diperlukan juga untuk menurunkan angka pengangguran. Pengangguran yang semakin banyak di masyarakat menunjukkan gagalnya pembangunan. Lapangan-lapangan kerja yang banyak dan juga berkualitas membuat masyarakat dapat mengurangi angka kemiskinan. Tantangan demi tantangan tentu akan selalu dihadapi oleh pemerintah dalam hal pembangunan nasional saat ini. Karena itu diperlukan sikap optimisme yang baik dan juga dengan usaha yang betul maka hasil yang didapatkan dalam hal pembangunan nasional dapat maksimal.

Saat ini selain kekuatan dari luar yang mempengaruhi pembangunan nasional tetapi kekuatan dari dalam juga turut mempengaruhi. Para generasi muda menilai pemimpin Indonesia banyak dipilah melalui jalur politik, sehingga faktor yang menentukan pembangunan nasional akan kemana nantinya tentu akan menunggu efek dari pemilu. Para pemimpin harus mengubah konsep saat ini dengan lebih mementingkan kepentingan rakyat dan nasional bukan hanya kepentingan individu, organisasi, dan politik. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan meluangkan waktu untuk turun ke masyarakat sehingga dapat mendengar langsung permintaan mereka dalam hal pembangunan nasional.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *