Bamsoet: Pers punya Peran Strategis Sebarluaskan Semangat Kebangsaan

Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan bahwa setiap warga negara merupakan bagian tidak terpisahkan dari satu ikatan kebangsaan, termasuk pers yang menjadi corong penyebar semangat kebangsaan, penyebar semangat gotong royong dan kebersamaan.

“Kemajemukan adalah fitrah kebangsaan yang harus senantiasa dihormati dan dilindungi, MPR RI sebagai rumah kebangsaan menegaskan bahwa setiap warga negara merupakan bagian tak terpisahkan dari satu ikatan kebangsaan. Termasuk pers yang menjadi corong penyebar semangat kebangsaan, penyebar semangat gotong royong dan kebersamaan,” kata Bamsoet dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, dalam acara Press Gathering Wartawan Koordinatoriat MPR RI, di Anyer, Banten, Sabtu.

Bamsoet menilai tugas kolektif bersama termasuk pers dalam merawat kepribadian dan jati diri bangsa, agar tidak tergerus akibat pembelahan sosial karena hoaks maupun ujaran kebencian.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

“Dengan jangkauan yang luas dan tingkat aksesibilitas yang tinggi, media massa mempunyai peran strategis dalam menyebarluaskan wawasan kebangsaan,” katanya.

Dia mengatakan, pers telah menjadi salah satu mitra penting MPR RI dalam melaksanakan berbagai tugas konstitusional, terutama dalam mewujudkan visi MPR RI sebagai Rumah Kebangsaan.

Menurut dia, visi MPR RI yang memposisikan lembaga tersebut sebagai wadah sekaligus representasi dari beragam aspirasi, pemikiran serta arus perubahan.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Dia meyakini di tengah derasnya gempuran digitalisasi dengan hadirnya pendengung atau “buzzer” hingga influencer yang terkadang menjadi referensi masyarakat mendapatkan informasi, pers masih memiliki peran yang signifikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *