Penyelenggaraan Umrah di Saudi Tunggu Protokol Kesehatan

JakartA – Konsul Haji KJRI Jeddah, Endang Jumali, mengatakan pembukaan kembali penyelenggaraan ibadah umrah di Tanah Suci, Arab Saudi, masih menunggu dibukanya penerbangan dan ketentuan protokol kesehatan.

“Pembukaan kembali penyelenggaraan ibadah umrah diharapkan dapat terwujud dalam waktu dekat,” kata Endang kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1590 votes

Usai mendampingi Konjen RI Eko Hartono bertemu Deputi Umrah Kementerian Haji dan Umrah Abdul Aziz Wazzan di Jeddah, Endang mengatakan ada persyaratan yang harus terpenuhi sebelum dibukanya musim umrah.

Baca Juga :  Dampak Psikologis saat Gerhana

Persyaratan itu, kata dia, penerbangan internasional di Arab Saudi sudah dibuka dan ketentuan protokol kesehatan COVID-19 telah ditetapkan oleh Kemenkes Saudi.

“Ketentuan protokol kesehatan bagi jamaah umrah masih dibahas dan dikoordinasikan dengan pihak dan instansi terkait, termasuk Otoritas Penerbangan Sipil (GACA) sebagai pihak yang mengeluarkan regulasi penerbangan,” katanya.

Arab Saudi, kata dia, juga akan mengkaji regulasi penerbangan di Indonesia sebagai bahan penentuan kebijakan dibukanya kembali penyelenggaraan ibadah umrah.

Baca Juga :  Marak PMI Kabur Gaji Tak Sesuai, Faktanya Memang Tak Prosedur

Ia mengatakan penyelenggaraan umrah jika nanti dibuka maka semua Muslim sedunia dapat segera menunaikan ibadah sunah tersebut.

Sampai saat ini, kata dia, Saudi tidak berencana melakukan pembatasan kuota jamaah umrah. “Terkait kebijakan batasan usia bagi jamaah umrah masih menunggu ketentuan protokol kesehatan dari Kemenkes,” kata dia.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *