oleh

Pengurus Sekolah Sastra Nunukan Dikukuhkan

NUNUKAN – Bupati Nunukan, Hj. Asmin Laura Hafid diwakili Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Nunukan, Syafarudin membuka pelaksanaan lomba baca puisi tingkat pelajar SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Nunukan, dan pengukuhan pengurus Sekolah Sastra Nunukan, di Taman Baca Adil Nunukan, Selasa (25/8/2020).

Hal ini dilakukan sebagai kegiatan selingan bagi peserta didik guna mereduksi kejenuhan selama pelaksanaan belajar dari rumah di masa Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan atas kerjasama Satgas penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Kabupaten Nunukan.

Syafarudin mengatakan, kata sastra dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bahasa kata dan gaya bahasa yang dipakai dalam kitab-kitab dan bukan bahasa sehari-hari. Lebih lanjut menurut wikipedia, sastra merupakan kata serapan dari kata “sas”, bahasa sansekerta yang berarti “teks yang mengandung instruksi atau pedoman”, dan dalam bahasa indonesia kata ini merujuk pada kesusastraan atau sebuah tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu. Dari definisi “sastra”.

Baca Juga :  Kodim 0911 Nunukun Salurkan Bantuan Kepada 750 PKLW

“Kita dapat memiliki gambaran bagaimana sebuah sastra karya yang memiliki keindahan dan kebaikan yang tak ternilai harganya. dengan sastra maka kita dapat menggambarkan keindahan, dengan sastra kita dapat mengangungkan karya allah dan ciptaannya, dan dengan sastra kita juga dapat mengobarkan semangat perjuangan,” kata Syafarudin,

Tidak sedikit contoh dari para maestro dan pujangga masa lalu yang melegenda hingga saat ini, yang telah melahirkan karya sastranya dan bentuk puisi untuk menyampaikan pesannya. Sebut saja kata puitis Kahlil Gibran yang sarat kata bijak dan menyentuh hati. “Di Indonesia sendiri kita memiliki penyair terkemuka chairil anwar yang mampu membakar semangat perjuangan waktu itu untuk merebut kemerdekaan bangsa inndonesia,” jelasnya.

Baca Juga :  Berkah Maulid Nabi, Pedagang Pernak-Pernik di Nunukan Ramai Pembeli

Pemerintah daerah kabupaten Nunukan sendiri hingga saat ini, juga mendukung kegiatan kegiatan yang positif dalam mendukung sastrawan – sastrawan muda lahir di wilayah kabupaten Nunukan.

Kebijakan yang berpihak pada perkembangan kesusastraan secara tidak langsung juga telah dilakukan, seperti dukungan pada dunia pendidikan sebagai salah satu pintu masuk perkembangan sastra melalui guru dan tenaga pengajar juga dilakukan. “Kami (Pemerintah Daerah) juga mendukung dan mendorong berbagai komunitas – komunitas menulis agar dapat lahir di kabupaten Nunukan, menebarkan inspirasinya serta menularkan nilai – nilai positifnya kepada generasi muda yang ada di Kabupaten Nunukan.

Lomba baca puisi tingkat pelajar SD, SMP, DAN SMA SMK, seperti ini pemerintah daerah kabupaten nunukan, memberikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap panitia dalam hal ini komunitas sekolah sastra Nunukan, yang telah merencanakan dan melaksanakan kegiatan ini. Hal ini adalah wujud kreatifitas dan kepedulian masyarakat untuk mengaktualisasikan diri dalam bentuk karya sastra. Agar dapat  terus berkesinambungan sehingga terlihat semangat yang terus terjaga dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Wagub Kaltara Perintahkan Rumah Sakit Pratama Sebuku Segera Dioperasikan

Sedangkan yang telah sampai di tahap grand final lomba puisi ini, jadikan momen ini berharga untuk mengasah kemampuan  untuk membaca puisi dengan baik. Pengurus sekolah sastra Nunukan yang baru saja dikukuhkan. Dengan hadirnya sekolah sastra Nunukan ini kiranya dapat turut membawa nuansa tersendiri bagai kabupaten Nunukan.(*)

 

Reporter: Darmawan

Editor: M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *