oleh

Klinik Yuli Medica, Memudahkan Pelayanan Tenaga-tenaga Masyarakat

NUNUKAN – Kabupaten Nunukan merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di wilayah Utara Kalimantan, dan berbatasan langsung dengan Negara Malaysia. Kabupaten Nunukan kaya akan potensi sumber daya alam (SDA) dan hasil hasilnya sebagian besar merupakan penghasil devisa daerah khususnya dari sektor pertambangan, kehutanan, dan sektor lainnya.

Klinik Yuli Medica merupakan klinik pratama yang tujuannya untuk memberikan pelayanan promotif, preventif dan kuratif yang sangat terjangkau, mudah dan profesional.

selain itu merupakan klinik umum dan persalinan yang beralamat di Jalan Pattimura RT 20 Nunukan Timur. Dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien, Klinik Yuli Medica beroperasi setiap hari Senin sampai Sabtu dari jam 08.00 – 22.00 wita, dengan tim dokter yang siap melayani pasien, dan dibantu oleh perawat, bidan, dan apoteker dan tenaga administrasi. Dalam meningkatkan pelayanan ibu dan anak klinik Yuli Medica juga memberikan layanan persalinan bagi ibu-ibu yang siap melahirkan.

Baca Juga :  Pastikan Aman Dikonsumsi, BKIPM Ambil Sampel Ikan di Pasar Inhutani Nunukan

dikatakan Penanggungjawab apotik dan klinik yakni dr Zulkifli kepada awak media usai peresmian menuturkan, akan meningkatkan kemitraan dengan Pemerintah dalam hal kemudahan akses kesehatan dibutuhkan kreatifitas dari kalangan milenial. Oleh karena itu, Apotik dan Klinik Yuli Medica ini dirancang dengan konsep yang berbeda dengan akses kesehatan lainnya di Kabupaten Nunukan.

Dalam hal itu ada konsep terbaru seperti meminimalisir penggunaan kertas sehingga pelayanan di apotik dan klinik ini menerapkan sistim komputerisasi mulai dari pendaftaran pasien hingga layanan lainnya.

“Klinik ini akan kita lakukan jauh lebih baik dengan cara digital atau online, dengan cara masyarakat untuk yang mendaftar akan tahun jam berapa dia akan datang, sehingga tidak perlu menunggu dan antri terlalu lama. Jadi sisitem ngantri berkumpul dalam ruangan itu bisa di minimalisir,” kata Zulkifli, Jumat (21/8/2020).

Baca Juga :  Ketua TP-PKK Kaltara Edukasi Gizi Seimbang Kepada Ibu Hamil

selain itu, pendaftaran pasien dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti WhatsApp (WA) yang langsung dikoneksikan dengan komputer. Meludah pasien yang akan datang berobat tanpa melakukan antrean karena telah mengetahui waktu pelayanan yang diberikan.

Apa lagi di Apotik dan Klinik Yuli Medica ini, untuk melakukan khitanan tanpa jahitan dengan menggunakan alat tertentu yaitu Mahdian Klamp dimana pasien tidak terlalu lama merasakan prosesnya. Dan Alat ini diberi nama sesuai dengan dokter yang menemukan pertama kali.

saat ini Dokter spesialis yang telah ada adalah spesialis saraf (SpS), spesialis rehabilitasi medik (SpRM), dokter bedah (SpB) dan spesialis kandungan (SpOG).

Baca Juga :  Curi Uang dan HP, Residivis Kembali Diciduk Polisi

“Baru empat dokter spesialis yang sudah siap. Kalau dokter spesialis lainnya sudah diajak berkomunikasi namun belum sempat hadir disini, karena masih dalam suasana pandemi COVID-19, dan ada juga yang masih dilakukan isolasi mandiri,” jelasnya.

Klinik Yuli Medica ini juga melayani layanan sistem jemput bola (home care) sendiri. Karena, masyarakat yang hendak berobat di klinik ini yang tidak memiliki kendaraan bisa menggunakan sambungan telepon melalui resepsionis, sehingga pihak klinik yang akan menjemputnya pada tempat tinggal pasien bersangkutan dengan menggunakan ambulance dengan biaya gratis melalui subsidi silang dengan BPJS dan Pemerintah.(*)

Reporter: Darmawan

Editor: Ramli

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed