Bertambah Lagi di Tarakan, Seorang Lansia 71 Tahun Positif Covid-19

TARAKAN – Setelah melakukan tracing dari kasus positif Covid-19 sebelumnya, seorang Lansia berumur 71 tahun menjalani SWAB dan dinyatakan positif, Jumat 21 Agustus 2020. Hal ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M. Kes melalui press release di aplikasi zoom.

“Terdapat 1 penambahan kasus konfirmasi Covid-19, yaitu COVID 117, berinisial S (Perempuan, 71 Th) Kel. Sebengkok RT. 07. Sehingga, jumlah kumulatif Kasus Konfirmasi saat ini sebanyak 117 orang,” ujarnya kepada awak media, Jumat (21/8/2020)

Devi menjelaskan, dengan ini pasien lansia Covid-19 berjumlah 3 orang, yang paling berisiko terjangkit virus adalah balita, ibu hamil, dan lansia. “Karena usia diatas 60 tahun sebagian besar memiliki penyakit penyerta yang bisa memperberat Covid-19, jika tidak memiliki bisa mempercepat kesembuhan,” terangnya.

Baca Juga :  Ribuan Napi Lapas Tarakan Diusulkan Remisi ke Kemenkumham

Terjangkitnya pasien COVID 117 diduga diakibatkan oleh Transmisi lokal, karena memiliki kontak dengan konfirmasi positif sebelumnya.

Selain itu, jumlah kumulatif pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 89 orang, jumlah Kasus Suspek yang dipantau saat ini sebanyak 52 orang dan jumlah seluruh Kontak Erat yang sedang dipantau saat ini sebanyak 176 orang.

Tidak ada kasus probabel yang di rawat dirumah sakit. Kasus Probable yaitu kasus suspek dengan ISPA Berat/ARDS/meninggal dengan gambaran klinis yang menyakinkan COVID-19 dan belum ada hasil pemeriksaan laboraturium RT-PCR

Baca Juga :  Jalin Ukhuwah Islamiyah, Komunitas Asik akan Gelar Baksos

“Kepada masyarakat Tarakan agar terus memberikan dukungan moral terhadap pasien ataupun keluarga Kasus Suspek, Kasus Probable, Kontak Erat dan Kasus Konfirmasi. Mari kita bantu mereka semampu kita,” tutupnya.(*)

 

Reporter : Matthew Gregori Nusa

Editor: M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *