Muswil Ke-II DPW PAN Kaltara Digelar Jumat, Pendafatran Formatur Ditutup Besok Sore

TARAKAN – Tahapan pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-II Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Provinsi Kalimantan Utara dengan tema “Bersatu Mewujudkan Kaltara Terdepan”, sudah mulai digulirkan.

“Sesuai dengan keputusan Rapat Harian yang dihadiri pengurus Plt. DPW PAN Kaltara dan menjalankan arahan dari DPP PAN. DPW PAN Kaltara telah membentuk SC dan OC dan berikutnya akan melakukan tahapan-tahapan persiapan dan pelaksanaan Muswil,” ujar Ketua SC Muswil II PAN Kaltara, Makbul, SE kepada benuanta.co.id, Rabu (5/8/2020).

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1261 votes

“Sebagaimana arahan Ketum PAN untuk bersama-sama menjaga kebersamaan soliditas kader guna menghadapi tantangan PAN, kami mengundang seluruh kader potensial PAN Kaltara untuk turut mendaftar,” tambahnya.

Baca Juga :  PT Shandong Sebut Insiden Jatuhnya TKA di Proyek Pembangunan PT PRI Akibat Kelalaian Korban

Makbul juga menyampaikan, mulai Senin (03/8/2020) kemarin, panitia penyelenggaran mulai membuka pendaftaran Bakal Calon (Balon) formatur dan pendaftaran akan ditutup hari Kamis besok.

“Jadi besok pendaftaran akan ditutup hingga pukul 16.00 Wita, karena hari Jumat pelaksanan Muswil virtual,” katanya.

Sedangkan mekanisme pemilihan formatur, lanjut Sekertaris DPD PAN Tarakan sekaligus Ketua DPW BM PAN Kaltara ini, setelah verifikasi berkas pendaftar dilakukan, bagi pendaftar yang lolos itu hasilnya akan diserahkan ke DPP PAN untuk ditetapkan menjadi calon formatur.

“Komposisinya, 4 formatur dari unsur PAN Kaltara dan 1 formatur dari DPP PAN. Jika formatur yang ditetapkan DPP lebih dari 4 nama, maka akan dilakukan voting oleh peserta Muswil. Tetapi, jika kurang dari 4 maka akan dilakukan musyawarah mufakat,” urainya.

Baca Juga :  KPU RI Rampungkan Rekapitulasi Suara 32 Provinsi

Namun, apabila nama kurang dari 4 tersebut tidak bersepakat untuk menentukan siapa ketuanya, maka akan diambil alih DPP untuk proses penentuan ketuanya.

Sebagaimana diketahui, tim formatur ini memiliki peran penting. Sebab hal ini akan menentukan struktur DPW PAN Kaltara ke depan, termasuk Ketua DPW PAN Kaltara periode 2020-2025 mendatang.

“Kami yakin forum tertinggi pengambil keputusan tingkat Provinsi Kaltara ini akan berjalan dengan kondusif karena seluruh kader PAN di Kalimantan Utara mengusung semangat sama sebagaimana arahan Ketum PAN untuk mengedepankan kebersamaan guna mewujudkan PAN Kaltara lebih terdepan di masa mendatang,” terangnya.

Baca Juga :  Ops Keselamatan Kayan Selesai, Satlantas Polres Tarakan Catat 74 Pelanggaran 

Sebelumnya, dalam forum silaturahmi kader PAN, Ketum PAN Zulkifli Hasan berpesan agar agenda Muswil dan Musda PAN dilakukan dengan mengedepankan kebersamaan seluruh tingkatan.

“Mari kita tutup buku (lama), kita buka buku yang baru, untuk bersama-sama menjaga kebersamaan, soliditas kader, kita buka buku yang baru untuk mempersiapkan diri sejak dini. Jangan Muswil dan Musda itu bertarung habis-habisan, menghabiskan kegiatan dan sumber logistik kita, yang akan menimbulkan luka. Sebaiknya berbagi peran musyawarah mufakat,” tukasnya.(*)

 

Reporter : Yogi Wibawa
Editor : M. Yanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *