oleh

Daftar Haji Sehari Selesai dengan Program One Day’s One Service Kemenag Nunukan

NUNUKAN – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nunukan me-launching Penanda Tanganan Nota Kesepahaman (MoU) program inovasi pelayanan PTSP One Day’s One Servis)ce pendaftaran haji satu atap di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan dengan Bank penerima setoran haji, Rabu (29/7/2020).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, H. M Saleh mengatakan, dengan hadirnya inovasi baru One Day’s One Service di Kabupaten Nunukan untuk pendaftaran haji satu atap ini, memudahkan para calon jemaah haji. Mengingat wilayah Nunukan dengan letak geografis yang berbeda seperti wilayah dapil satu, dua, dan dapil tiga.

“Ini sangat perlu sekali dan sangat cocok untuk Kabupaten Nunukan karena kondisi geografis yang barangkali sangat memungkinkan untuk di lsunching program One Day’s One Service semacam ini,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Muhammad Amin. M Amin mengatakan, di era digitalisasi seperti saat ini, kecepatan adalah kunci untuk memenangkan sebuah kompetisi di semua bidang, termasuk di bidang pelayanan kepada masyarakat.

Karena saat ini bukan zamannya lagi masyarakat harus menunggu berhari hari, bahkan hingga berminggu-minggu lamanya hanya untuk mengurus suatu keperluan di instansi pemerintahan.

“Kесераtan adalah tuntutan zaman, sebuah keniscayaan, sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, siapa yang tidak bisa menyesuaikan maka pasti akan ditinggalkan. Semangat tidak ingin ditinggalkan itulah yang akhirnya mendasari Kantor Kementerian Kgama Kabupaten Nunukan melakukan inovasi pelayanan one day’s one service pendaftaran ibadah haji satu atар,” kata Muhammad Amin kepada benuanta.co.id, Rabu (29/7/2020).

Jika sebelumnya masyarakat mendaftarkan haji harus terlebih dahulu membuka buku tabungan haji di bank yang telah ditunjuk, kemudian mengurus syarat administrasi di Kantor Kementerian Agama, maka dengan inovasi ini semuanya dibuat menjadi lebih cepat.

Saat ini calon pendaftar haji cukup datang ke Kantor Kementerian Agama dengan membawa seluruh persyaratan yang dibutuhkan, maka pembukaan haji dan pengurusan administrasinya bisa dilakukan sekaligus saat itu juga.

Ada efisiensi waktu dan biaya yang bisa diperoleh dari inovasi ini, apalagi waktu yang dibutuhkan untuk mengurus itu semua hanya cukup satu hari. Sangat singkat.

“Pemerintah Kabupaten Nunukan tentu menyambut positif penerapan inovasi
ini sebagai sebuah upaya untuk semakin memudahkan masyarakat. Hal itu sesuai dengan prinsip pelayanan yang baik, yaitu cepat, jelas, efisien, transparan, dan humanis,” jelasnya.(*)

 

Reporter: Darmawan
Editor : M. Yanudin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed