Tips Bersepeda Bagi Pemula

Jakarta – Bersepeda sedang menjadi tren di masyarakat, semua orang ingin turun ke jalan untuk menempuh puluhan kilometer, namun hal ini tidak mudah bagi para pemula.

Ditto Percussion sebagai publik figur dan juga pegiat sepeda mengatakan untuk pemula hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari teman untuk berlatih dan menemani bersepeda sehingga ada rasa semangat.

Calon Gubernur Kalimantan Utara 2024-2029 Pilihanmu
1567 votes

“Yang jelas cari teman dulu buat menemani biar enggak sendirian. Jangan langsung ikut pleton dulu biar tahu kadar tenaga kita bagaimana. Karena kan kalau enggak bisa capek juga ngikutin mereka yang udah biasa, kasihan di kitanya yang capek dan komunitasnya yang harus nungguin karena mungkin kita lama,” ujar Ditto dalam “BincangShopee PSBB”, Jumat.

Baca Juga :  Dokter: Tidur yang Baik Hanya Memerlukan Waktu Awal 5-15 Menit

Setelah terbiasa dengan rute tertentu, ikutlah komunitas sepeda. Sebisa mungkin, pilih komunitas yang dekat dengan rumah agar pergi dan pulang selalu berjalan beriringan bersama kelompok.

Sebagai pemula, Anda tidak perlu mencapai rute yang panjang. Akan lebih baik jika bersepeda di area dekat rumah.

“Cari rute-rute yang dekat-dekat rumah aja dulu supaya kalau terjadi apa-apa supaya gampang menghubungi orang rumah,” kata suami Ayudia Bing Slamet ini.

Baca Juga :  Setelah Melahirkan, Penting Cek Kekuatan Otot Dasar Panggul

Yang tidak kalah penting adalah selalu menggunakan helm setiap kali bersepeda. Helm berfungsi untuk melindungi kepala jika terjadi kecelakaan di jalan.

“Jangan lupa pakai helm. Kepala kita ini harus dijaga-jaga. Gue deg-degan banyak goweser yang enggak pakai helm, jangan ke tengah jalan, hargai para pengguna jalan yang lain,” ujar Ditto.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *